148.066 Peserta Lulus SBM PTN

Menteri Riset, Teknolog, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikit) Mohamad Nasir lantas membeber sepuluh program studi (prodi) favorit. Kesepuluh prodi itu adalah manajemen, akuntansi, ilmu hukum, dan pendidikan dokter. Kemudian teknik sipil, ilmu komputer, informatika, psikologi, farmasi, dan agribisnis.

Menariknya dari sepuluh prodi favorit itu tidak ada prodi kependidikan atau calon guru. Menristekdikti mengatakan, ada beberapa sebab yang membuat program pendidikan guru tidak masuk sepuluh besar favorit. Di antaranya adalah untuk menjadi calon guru ada saringan di awal. Yaitu bakat, minat, dan kesehatan.

Lebih lanjut soal prodi guru yang tidak masuk sepuluh besar itu, Ravik menambahkan, dipicu karena sekarang lulus S1 tidak bisa langsung menjadi guru. Berbeda dengan sebelumnya, untuk melamar CPNS guru misalnya, bisa dengan bekal sarjana guru saja. ’’Tetapi sekarang harus mengikuti PPG (pendidikan profesi guru, Red) dulu,’’ tuturnya.

Selain itu untuk ikut mendaftar di PPG dan menjadi guru, saat ini tidak hanya lulusan dari prodi keguruan. Sarjana lulusan MIPA atau prodi non keguruan lainnya, juga berharap ikut PPG untuk kemudian menjadi guru. ’’Jadi masyarakat sekarang cerdas. Kalaupun mau jadi guru, tidak harus kuliah sarjana keguruan,’’ pungkasnya. (wan/rie)

Tinggalkan Balasan