Voice of Baceprot (VoB), Hijaber Metal yang Mendunia

Ersa yang kini berstatus sebagai PNS di SMPN 2 Singajaya, mengungkapkan bila ketiga remaja putri itu lebih tertarik untuk membawakan musik-musik beraliran keras. Lagu-lagu dari band cadas seperti Rage Against the Machine (RATM), Slipknot, System of a Down (SOAD), hingga Linkin Park, sering mereka pilih saat latihan bermusik.

”Saya juga heran kenapa mereka lebih memilih lagu-lagu keras seperti itu. Tapi saya ikuti keinginan mereka,” jelasnya.

Walaupun secara umum aliran musik VoB berkategori rock, akan tetapi dalam bermusik, masing-masing personel VoB memiliki genre yang disukai.

Sang vokalis, Firdda, lebih menyukai genre musik hip hop. Berbeda dengan Firdda, Widi yang berperan sebagai basis lebih cenderung pada genre musik funk.

”Drummernya, Euis, lebih menyukai musik metal. Ketiga genre ini kemudian digabung sehingga genre hip hop dapat dirasakan pada setiap lirik, lalu permainan bass yang diselipi gaya funk, serta aura metal pada hentakan drum. Tapi kalau secara umum VoB, mengusung genre rock,” jelasnya.

Ersa mengungkapkan, festival musik pelajar se-Kabupaten Garut di Kecamatan Cikajang beberapa tahun lalu menjadi debut awal VoB tampil di atas panggung. Pandangan pertama pada penampilan mereka, edan! Tidak menyangka jika tiga gadis berkerudung bisa membuat penonton headbang.

”Personel VoB sendiri tidak pernah headbang, karena pasti mengganggu hijab mereka,” selorohnya sambil terkekeh.

Selepas itu, hingga tahun ketiga VoB berdiri saat ini, mereka rajin mengisi sejumlah event musik lokal. Mereka selalu mengabadikan aksi panggung mereka ketika tampil. ”Baik foto dan video kami bagikan melalui media sosial,” kata Ersa.

Bagi pria berusia 36 tahun itu, sebagai band yang lahir dari kampung, tentu tidak memiliki modal besar untuk bisa terkenal. Keliling dari panggung ke panggung pun sudah lumayan.

Namun, hal tersebut tidak membuat mereka patah semangat. Eksis di panggung, juga eksis di media sosial, lambat laun mampu menyedot perhatian publik. Aksi penampilan VoB pun sontak menjadi viral, bahkan hingga ke luar negeri.

”Fanspage VoB di facebook ternyata menjadi ramai dilihat orang. Sudah ada ribuan viewer yang melihat video dan foto VoB,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan