Ramadan, Parkir Liar Merajalela

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Jalan Raya khususnya penggunaan lahan parkir di kota Cimahi jajaran Satuan Lalu lintas Polres Cimahi akan melakukan pemantauan penggunaaan lahan parkir di kawasan perkotaan.

Kepala Bagian Operasional Lalu Lintas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar, mengatakan selama Ramadan banyak terjadi penumpukan kendaraan yang diakibatkan adanya lahan parkir ilegal di pusat-pusat perbelanjaan.

Untuk, meminimalisir ini di sejumlah titik yang dinilai rawan macet akan disiagakan petugas untuk memberikan kenyaman dan kelancaran bagi masyarakat yang mealkukan aktivitas selama Ramadan.

“Lokasi-lokasi rawan macet tersebut diantaranya, Jalan Gandawijaya, Jalan Rio dan lainya termasuk rumah makan serta pusat-pusat perbelanjaan,”Duddy ketika ditemui kemarin (29/5)

Menurutnya, terjadinya kemacetan ini diakibatkan adanya peningkatan aktivitas masyarakat selama Ramadan khususnya di sore hari menjelang waktu berbuka.Sehingga, lahan parkir yang tersedia tidak memenuhi kapasitas pengguna kendaraan.

“Ya akhirnya banyak lahan parkir liar dan ilegal yang semestinya bukan peruntukannya,”jelas dia.

Untuk mengatasinya, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan para pemilik usaha baik pusat perbelanjaan maupun pemilik rumah makan, agar memfasilitasi tempat parkir bagi pengunjung.

Bahkan , dia sudah melakukan himbauan kepada pengguna kendaraan agar jangan memaksakan kalau tempat parkir sudah penuh. Karena bisa menyebabkan penumpukan kendaraan dan mengganggu arus lalu-lintas.

Untuk itu, Duddy menegaskan, apabila dilapangan masih ditemukan adanya parkir sembarangan, kata dia, akan dilakukan tindakan penggembokan kendaraan dengan melakukan koordinasi bersama Dishub

“Memang dalam hal ini kita harus tegas, karena menyangkut kepentingan bersama,” tutup dia (zis/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan