Swedia-Bandung Akan Pererat Hubungan Bilateral

”Diantaranya smartcity yang tengah kita galakan. Nah ini pengembangan teknologi Swedia bisa kita pelajari dan bagaimana mengaplikasikannya. Untuk kebaikan kita bersama lebih lanjut mengenai topik se­minarnya yakni Triple Helix,”kata RK saat di temui di ITB jalan Ganesa kota Bandung, Rabu (24/5).

Sebagaimana yang dike­tahui bersama, kunjungan itu adalah satu konsep yang mencoba mensinergikan antara akademisi. Kemu­dian pemerintah dan pe­rusahaan swasta untuk saling pegangan erat meng­gunakan ilmu dan pengeta­huan yang ujung-ujungnya memang harus bisa men­ciptakan nilai tambah dari sektor industri.

”Saya kira kedepan banyak yang bisa kita kembangkan dari kunjungan ini untuk ke­baikan bersama,”ujarnya.

Dari sisi kerjasama tadi bisa disaksikan ada MOU mengenai topik kerjasama mengambangkan riset ber­sama. Misalnya di beber­apa topik terkait elektroni­kal engineering pengembangan software-software juga skema tpile Helix.

”Tadi saya mendapat pen­jelasan dari pelaku industri di Swedia bahwa pemerin­tah disana mengembangkan suatu pabrik, dan dana yang berasal dari pemerintah yang dimanfaatkan untuk membuat start up com­pany jadi para pengusaha yang punya ide untuk mengembangkan ekonomi itu dibiayai atau diberi pin­jaman lunak,”jelasnya.

Untuk pemerintah karena kalau minta support dari modal formal itu, gak ma­suk kedalam studi kelayakan. Sehingga pemerintah mem­bantu jikalau berhasil ma­ka harus mengembalikan cicilan tapi kalo upaya start-up itu gagal. Dia tidak harus mengembalikan. itu satu skema yang bisa dipelajari soal kerjasama riset bagai­mana itu mungkin bisa diaplikasikan.

“Selain dalam bidang elek­tronik tetapi juga merambah bidang kreatif fashion yang juga teemasuk kedalam pem­bicaraan dengan 16 perusa­haan Swedia . IKEA juga me­rek Swedia sedang mencari tempat di Bandung timur daerah gede bage mudah-mudahan dalam waktu dekat berhasil,”tambahnya.

RK berharap, warga Bandung bisa belajar kesana. Jadi awal yang kongrit kerjasama tidak mau basa basi. Termasuk rencana kerjasama sister city guttenburg. Kota keduanya setelah Stockholm orientasi­nya teknologi jadi pas dengan Bandung yang juga orientasi nya teknologi. (pan/gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan