Birokrat Masih Butuh Ratusan PNS

jabarekspres.com, CIMAHI – Melalui formasi khusus, sebanyak 600 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 resmi diajukan oleh Pemerintah Kota Cimahi kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, Harjono mengatakan, pemerintah daerah dapat menerima CPNS, namun pola rekrutmen CPNS pada 2017 ini tidak akan secara massal, tapi memakai formasi khusus agar perekrutan sesuai kebutuhan.

Menurutnya, lewat formasi khusus tersebut pihaknya harus bisa memetakan serta mengevaluasi terlebih dulu jumlah tenaga yang dibutuhkan sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.

“Jadi kami buatkan dulu roadmapnya, kemudian kami ajukan 600 formasi untuk ditempatkan sebagai tenaga pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,”ujar Harjono, kemarin (22/5).

Dirinya menuturkan, awalnya Pemkot Cimahi mengajukan 1000 CPNS, namun setelah dilakukan evaluasi oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, jumlahnya berkurang menjadi 600 saja.

“Tapi ternyata pengajuan kita di batasi, dari usulan 1000 formasi yang disetujui hanya 600 untuk kebutuhan prioritas saja seperti guru, kesehatan dan tegana infrastruktur,” katanya.

Harjono mengaku saat ini pihaknya masih menunggu waktu pembukaan penerimaan CPNS dari pemerintah pusat. Sebab, pemerintah pusat hanya memprioritaskan CPNS di tiga bidang tersebut.Maka, pengadaan untuk pegawai di pemerintah daerah pun belum bisa dilaksanakan.

“Jadi sebenernya sejak diberlakukannya Satuan Organisasi Tatanan Kerja (SOTK) baru. Pemerintah Kota Cimahi membutuhkan ratusan CPNS baru. Bahkan, sebelumnya beberapa unit dinas di Pemkot Cimahi sudah mengemukakan bahwa mereka kekurangan pegawai,”pungkas Harjono (zis/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan