Berikan Pemahaman Safety Riding Kepada Pelajar.

jabarekspres.com, CIMAHI – pertumbuhan kendaraan bermotor yang semakin memenuhi jalan raya, sering mengakibatkan banyaknya kecelakaan lalu lintas, khususnya pengendara yang statusnya pelaajar. Sehingga perlu diberikan pemahaman mengenai cara berkendaraan yang aman.

Asisten Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Cimahi, Benny Bachtiar mengatakan, untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan terutama bagi para pelajar, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perhubungan menggelar sosialisasi keselamatan berlalu lintas (Safety Riding) kepada perwakilan pelajar SMA se-Kota Cimahi, di selasar Gedung B Pemkot Cimahi Jalan. Rd. Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Selasa (16/5).

“Safety Ridding ini baik diadakan untuk mengedukasi siswa dalam melakukan aktivitas menggunakan kendaraan di jalan raya. Diharapkan mereka dalam menggunakan kendaraan betul-betul sesuai aturan. Salah satunya siswa tersebut harus memiliki SIM yang paling utama,” katanya.

Dalam sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari Satlantas Polres Cimahi ini, selain diberi pengetahuan tentang aturan berlalulintas, para pelajar juga diberi kesempatan untuk melakukan praktek berkendaraan roda dua yang benar.

Menurut Benny, sebenarnya kegiatan safety ridding ini kurang efekti jika hanya dilakukan kepada perwakilan siswa saja.”Kedepannya sosialisasi keselamatan berlalu lintas akan dilakukan ke sekolah-sekolah sebagai salah satu pembinaan,” bebernya.

Benny menyebutkan, sebelumnya, Disdik Kota Cimahi sudah memberikan surat edaran kepada sekolah-sekolah untuk melarang siswa yang usianya masih dibawah umur membawa kendaraan ke sekolah. “Ini masih berlaku. Bagi yang sudah diatas usia 17 tahun harus memiliki SIM,” sebutnya.

Senada dengan Benny, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ruswanto menjelaskan, kegiatan safety ridding, disamping memberikan pemahaman tentang keselamatan berlalu lintas juga untuk menjadi ajang silaturahmi antar siswa. Sehingga akan terjalin rasa kebersamaan. ” Dengan kebersamaan akan timbul kekuatan untuk bersama-sama membangun kota Cimahi khususnya dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas,” ujarnya.

Ditambahkan Ruswanto, sekarang banyak anak dibawah umur yang sudah dapat menggunakan sepeda motor. Mereka berani berkendaraan di jalan raya yang menyebabkan kecelakaan.

“Mereka harus mengetahui aturan keselamatan berkendaraan. Kecelaaan lalulintas kebanyakan karena faktor pengendara, karenanya setiap pengendara harus mengetahui berbagai hal terkait keselamatan berkendara,” ujarnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan