oleh

Desain Gedung Kesenian Jabar Disayembarakan

jabarekspres.com, BANDUNG – Rencana pembangunan gedung Seni dan Budaya Jawa Barat – West Java Art and Cultural Centre (WJACC) di kawasan Cikutra, Kota Bandung. Nantinya akan berstandar internasional

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, pembanagunan akan dibangun mulai tahun depan dengan anggaran Rp. 600 miliar.

Menurutnya, dalam penentuan desain arsitekturnya, pemerintah Provinsi Jabar membuka semacam sayembara yang terbuka untuk umum dengan menggandeng The Indonesian Institute of Architects (IAI) Jawa Barat sebagai penyelenggara.

Sayembara yang dimulai bulan maret itu, saat ini sudah menyisakan lima peserta dari total 110 peserta. Dua diantaranya adalah tim dari Jakarta, sisanya tim dari daerah jawa tengah. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Selasa (15/5) mendatang.

“Senin (14/5) ini penilaian terakhir. Para finalis akan menunjukan karya sekaligus mempresentasikannya di sini (Gedung Sate). Masyarakat umum juga nanti dilibatkan untuk menilai,” ujar Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (12/5).

Sejumlah kriteria ditetapkan dalam penilaian. Seperti, originalitas desain bangunan, merepresentasikan ikon Jawa Barat yang inovatif dan harus memenuhi persyaratan kehandalan bangunan seperti keamanan keselamatan, aksesibilitas bagi difabel.

Hal krusial yang tak lepas dari penilaian adalah fungsi akustik, lighting dan struktur konstruksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga