Ikuti Pelatihan Dasar CPNS

jabarekspres.com, SOREANG – Sebanyak 194 orang Purna Praja IPDN mengikuti Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Pemkab Bandung.

Rombongan yang diketuai Kepala Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung, Tati Devi M. Siregar, ini diterima Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Kabupaten Bandung, H. Marlan, di Gedung Mohamad Toha Soreang, belum lama ini.

Tati Devi mengatakan, peserta pelatihan ini seluruhnya berjumlah 194 orang Purna Praja IPDN Angkatan ke-23 Gelombang II. 120 orang berasal dari Provinsi Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Sedangkan 74 orang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

“Para peserta yang dibagi ke dalam 5 kelas ini dikelompokkan menjadi 20 kelompok yang nantinya akan mengunjungi lokus Perangkat Daerah (PD) sesuai dengan penempatan yang telah ditentukan dan akan didampingi coach/pembimbing dari Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung,” jelas Tati

Menurutnya, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman para peserta dalam memaknai dan menginternalisasikan nilai-nilai dasar PNS yang diterjemahkan dalam ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti korupsi).

Selain itu, kegiatan ini merupakan tahap awal untuk memberikan gambaran penguatan dan pemahaman terkait dengan tugas dan fungsi selama melaksanakan kegiatan habituasi. Tati berharap para peserta dapat menetapkan isu aktual yang akan dijadikan gagasan pada saat membuat konsep rancangan aktualisasi.

“Selain itu kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk menggali informasi mengenai isu aktual di lapangan dalam rangka melatih peserta melakukan observasi sebagai bekal pembiasaan di dalam mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS,” paparnya.

Tati berharap para peserta dapat menerima pemaparan dan memperoleh gambaran singkat mengenai visi, misi dan renja secara umum dan melakukan wawancara serta pencarian data dalam pembuatan rancangan aktualisasi yang akan dieksternalisasikan pada saat kegiatan habituasi pada tanggal 23 Mei sampai 9 Agustus 2017 (62 hari).

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemkab Bandung karena di tengah kesibukan yang padat masih berkenan menerima kami dengan perasaan hangat dan tangan terbuka untuk melaksanakan studi lapangan di lingkungan Pemkab Bandung,” pungkas Tati

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan