oleh

Polri Terjunkan Satgas Sembako

jabarekspres.com, JAKARTA – Polisi tidak tinggal diam dalam mengendalikan kestabilan harga sembako. Satgas Sembako Polri terus memastikan kecukupan stok. Bila persediaan aman, tapi ada kenaikan harga, satgas yang dipimpin Irjen Setyo Wasisto itu akan turun tangan.

Kadivhumas Polri sekaligus Kasatgas Sembako Irjen Setyo Wasisto menuturkan, belajar dari kenaikan harga cabai rawit merah yang begitu drastis beberapa waktu lalu, diketahui bahwa stok cabai di pasaran berkurang. Industri kemudian berupaya mengamankan stok dengan mematok harga tinggi. ”Dampaknya pada harga cabai rawit merah di pasaran naik sekali, semua tersedot ke industri,” ujarnya.

Baca Juga:  Pengamat: Gaya Kepemimpinan Wali Kota Depok Cenderung Feodalistik

Karena itu, saat ini satgas telah mendata semua produsen sembako. Di antaranya adalah cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan beras. Satgas juga memantau stok atau ketersediaan sembako tersebut. ”Contohnya bawang merah. Bila ada panen yang cukup besar di Brebes, Timbalun, dan Temanggung, artinya stok aman,” kata Setyo.

Dengan kondisi itu, berarti tidak ada alasan kenaikan harga. Namun, bila ternyata di pasaran terjadi kenaikan harga, pasti ada sesuatu yang terjadi. “Kita harus teliti lebih lanjut,” terangnya.

Baca Juga:  Terkait Pindah ke Ibu Kota Baru, Anggota DPR: Banyak Dilakukan Negara Maju

Bila hasil penelitian itu ternyata ada pelanggaran, tentu akan dilakukan proses hukum. Satgas akan melihat pasal-pasal pidana yang bisa diterapkan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga