oleh

Dinkes Ajak Warga Gerakan Hidup Sehat

jabarekspres.com, ARJASARI – Ratusan masyarakat Kecamatan Arjasari mengikuti Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung di Aula Desa Arjasari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, kemarin (28/4). Kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka program non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Dr H. Ahmad Kustijadi MEpid mengatakan, kegiatan ini dalam menyukseskan program TMMD. Sebab, di dalam TMMD ada fisik dan non fisiknya. Di Gerakan Hidup Sehat ini merupakan kegiatan non fisik dari TMMD dengan memberikan penyuluhan tentang kesehatan, perubahan prilaku, pola makan, cuci tangan pakai sabun, konsultasi sebelum sakit ini bagian dari nonfisik program tersebut.

Baca Juga:  Polri Akan Bantu Terjunkan Drone Bawah Laut untuk Cari KRI 402

”Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” kata Ahmad kepada Bandung Ekspres.

Saat ini, lanjut Ahmad, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

Baca Juga:  DPR Mendadak Galang Dukungan Masyarakat untuk Vaksin Nusantara

”Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah. Menurunnya produktivitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga