oleh

Kondisi Taman Baca Memprihatinkan

bandungeskpres.co.id, NGAMPRAH – Kondisi taman baca masyarakat (TBM) di Kabupaten Bandung Barat saat ini terkendala masalah operasional. Hal ini menyebabkan 27 dari 55 TBM tidak aktif melakukan kegiatan literasi.

Ketua Forum TBM KBB Wildan Awaludin membenarkan, banyaknya TBM yang sudah tidak aktif lantaran beberapa hal. Oleh karenannya, dibutuhkan berbagai bantuan agar keberadaan TBM bisa lebih aktif dan menjadi ruang publik berbasis pendidikan.

Baca Juga:  Grab Vaccine Center Sukses Menjalankan Vaksin Dosis Kedua kepada Lansia dan Pekerja Publik di Bandung, Jawa Barat

Diungkapkannya, masalah operasional tersebut terutama menyangkut keterbatasan pengelola TBM. Soalnya, sejauh ini para pengelola TBM merupakan relawan yang berasal dari masyarakat setempat. ”Termasuk jumlah relawan yang belum maksimal ditambah kurang perhatiannya kepada relawan karena mereka bekerja secara sukarela. Namun karena berbagai kesibukan lain, mereka tidak bisa fokus mengelola TBM, sehingga banyak yang tidak aktif,” katanya.

Wildan menuturkan, operasional TBM tidak hanya berkutat pada pinjam meminjam buku di perpustakaan. Namun, banyak kegiatan lainnya yang membutuhkan biaya operasional guna meningkatkan minat baca masyarakat.

Baca Juga:  Pria yang Cemooh Pengunjung Bermasker di Mall Akhirnya Diciduk Polisi

Kegiatan-kegiatan TBM yang biasa dilakukan, menurut dia, di antaranya berbagai pelatihan yang dibutuhkan masyarakat, seperti menulis, memasak, menjahit, dan lain-lain. Berbagai kegiatan itu merupakan aplikasi dari buku-buku bacaan yang ada di TBM.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga