Gerakan Pungut Sampah – Bandungku Bersih Taman Tongkeng

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Kebersihan sebagian dari pada iman. Makna tersebut jadi simpulan bila setiap orang bisa menjaga kebersihan, dipastikan orang tersebut termasuk orang yang beriman.

Selain kebersihan bisa mewujudkan iman seseorang, kebersihan juga bisa menjadikan lingkungan bersih dan sehat, sehingga bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat yang berada di sekitar wilayah tersebut.

Ketua PKK Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Elin Sumarni mengatakan kegiatan Bandungku Bersih yang merupakan gagasan Pemerintah Kota Bandung dan menggandeng Harian Bandung Ekspres (Jawa Pos Group) dinilainya merupakan program yang sangat baik sekali.

Sebab kata dia, dengan adanya kegiatan Bandungku Bersih, Kota Bandung selain akan menjadi bersih masyarakatnya akan terhindar dari penyakit karena lingkungannya bersih dan bebas dari kotoran lingkungan.

”Bagus, sebab kebersihan sebagian daripada iman. Jadi, kita harus mendukung program Bandungku Bersih ini,” katanya kepada Bandung Ekapres disela kegiatan, di Taman Tongkeng RW 07, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Sabtu (25/02).

Senada dikatakan Ketua RW 07, Imam Fauzi, dia mengungkapkan kegiatan tersebut menunjukan jika selama ini masyarakat di wilayahnya sudah terbiasa menjaga kebersihan lingkungan. Itu terbukti dengan adanya kerja bakti lingkungan yang biasa diagendakan rutin seminggu sekali.

”Tentu, dengan dengan adanya Bandungku Bersih masyarakat akan lebih semangat dan bisa lebih mencintai lingkungannya dan juga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah tali silaturahim antar warga. Saya bersama warga sering mengadakan kerja bakti. Ini dilakukan agar lingkungan kami tetap bersih dan asri,” jelas Imam.

Senada dikatakan Ketua BKM Kelurahan Merdeka, Edi. Dia memaparkan, dalam mempersiapkan kegiatan ini pihaknya hanya butuh waktu selama seminggu. Meski terbilang singkat, sebut dia, respon dari masyarakat yang hadir pada acara tersebut sangat banyak.  ”Ini sebagai bukti kalau masyarakat khususnya di Kecamatan Sumur Bandung sangat perduli dengan kebersihan lingkungannya. Karena masyatakat sudah bisa menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Banyak masyarakat yang ikut meramaikan kegiatan ini,” tambahnya.

Lebih lanjut Edi berharap, ke depan agar kegiatan semacam itu bisa terus dilaksanakan dan bahkan dijadikan agenda rutin setiap tahunya. Sehingga Kota Bandung akan tetap menjadi bersih dan indah juga cita-cita Bandung Juara bisa tetap terjaga.  ”Harus dijadikan agenda rutin, supaya masyarakat bisa lebih mencintai lingkungannya,” pungkasnya. (dn/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan