Berjuang Sendiri, Azul Akhirnya Menyerah

Sengketa di MK bisa terjadi jika ada paslon yang melakukan gugatan hasil Pilkada di MK, ketika nerasa ada kecurangan atas hasil Pilkada 15 Februari 2017.  ”Apabila Pilkada Cimahi tidak ada sengketa di MK, kami akan menetapkan pemenangnya pada 8 Maret 2017 ini,” sebutnya.

Handi berharap, Pilkada Kota Cimahi tidak masuk ke ranah MK. Dengan kata lain, seluruh paslon dapat menerima seluruh hasil perhitungan suara Pilkada. Hingga berita ini dibuat perhitungan suara di tiga PPK masih dilakukan.

Sementara itu, Aktivis Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Kota Cimahi mengharapkan, siapapun yang terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota Cimahi 2017-2022, harus membangun integritas dirinya dan system pemerintahan yang dipimpinnya dalam upaya pencegahan dan pembverantasan korupsi di Kota Cimahi. ”Pemimpin Kota Cimahi yang terpilih pada Pilkada 2017 ini harus memiliki langkah nyata dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi,” katanya.

Di bagian lain, tingkat Partisipasi pada Pemelihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 dinilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat kali ini sangat baik. Hal ini dikatakan Komisioner KPU Jabar Aang Ferdiman ketika dihubungi Jabar Ekspres kemarin (16/12).

Dirinya menilai, meskipun terkendala belum terekamnya E-KTP namun masyarakat yang ingin menyalurkan hak pilihnya memiliki antusiasme yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

Menurutnya, peningkatan partisipasi pemilih ini terlihat di tiga kabupaten/kota yang menggelar pilkada, yakni Kota Cimahi, Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi. Bahkan di Kota Tasikmalaya dan Cimahi, partisipasi pemilih meningkat bila dibanding pilkada 2012 maupun pemilihan legislatif dan presiden 2014. ”Alhamdulillah secara umum meningkat, meski kepastian jumlah sedang direkap,” katanya

Kendati begitu, pihaknya mengakui belum bisa memprediksi tingkat kenaikan partisipasi tersebut. Sebab saat ini proses perhitungan hesil pemilu secara real count masih dalam proses.

Peningkatan angka partisipasi ini terlihat dari Pilkada yang di gelar di tiga daerah. Hampir seluruh TPS melaporkan daftar kehadiran warga yang melakukan pencoblosan kehadirannya sekitar 90 persen. (bun/yan/rie)

Tinggalkan Balasan