Bawaslu Catat 37 Pelanggaran

Keduanya telah mengaku bersalah, lanjut Yusri, sehingga pagi tadi keduanya sudah diamankan di Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu). Berdasarkan hasil pemeriksaan mereka melakukan kesalahan dengan melakukan kampanye gelap.

”Untuk anggota polisi yang terlibat, kami sudah periksa di Propam,” ucapnya sambil menambahkan, kedua pelaku penyebaran kampanye gelap tersebut tengah diproses dan dijerat dengan pasal 71 UU No 10 tahun 2016 terkait larangan kampanye gelap dengan sanksi paling cepat 1 bulan dan paling lama 5 bulan.

Juragan Bus Tersalip

Sementara itu, di Tasikmalaya, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya nomor urut 2 Budi Budiman-M Wahyu dan pasangan Dede Sudrajat-Asep Hidayat bersaing ketat versi quick count yang digelar KPU Kota Tasikmalaya.

Penghitungan quick count sampai pukul 16.00 menunjukkan Budi-wahyu (38,76 persen), disusul pasangan nomor urut 3 Dede-Asep 117.660 suara (39,28 persen) dan Dicky Chandra-Deny Rhomdhoni (22.32 persen).

Menurut Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Cholis Mukhlis hasil tersebut merupakan hasil sementara data yang masuk baru 56 persen.

”Memang secara hukum hasil quick count memang tak memiliki kekuatan hukum. Tapi hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan penghitungan resmi secara manual,” kata Cholis.

Hasil quick count yang bersaing ketat itu memang membuat tegang sejumlah simpatisan dan pasangan calon. Apalagi aroma persaingan jelang pilkada berlangsung panas dan ketat. Saling klaim dukungan bahkan fitnah sempat terjadi jelang pencoblosan.

Ahmad Dhani Berjaya

Di bagian lain, hasil quick count Pilkada Kabupaten Bekasi menempatkan pasangan Saduddin-Ahmad Dhani (SAH) sebagai pemenang. SAH unggul dengan 31,8 persen suara, disusul pasangan Neneng Hasanah Yasin-Eka Supria Atmaja (NENENG YES) dengan 25,75 suara.

Di peringkat ketiga diduduki Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (OBAMA) dengan 25.00 persen, kemudian posisi keempat Meilina Kartika Kadir-Abdul Kholik (MENARIK) 16,6 persen dan Iin Farihin-Mahmud di posisi akhir 0,75 persen.

Sementara itu, berdasarkan hitung cepat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi, SAH juga berada di posisi puncak dengan 35,6 persen. Disusul NENENG YES 32,33 Persen, OBAMA 16,04 persen, MENARIK 12,55 persen dan IMAM 4,02 persen.

Menyikapi kemenangan sementaranya itu, Ahmad Dhani mengaku, akan mendatangkan band Red Hot Chili Peppers (RHCP) jika memenangi Pilkada Kabupaten Bekasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan