Salurkan Harapan Warga Melalui Musrenbang

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, kehadiran pemerintah secara langsung harus bisa dirasakan oleh masyarakat melalui pemenuhan berbagai kebutuhan dasar masyarakat melalui berbagai program yang direncanakan setiap tahunnya.

Karena berdasarkan visi Kabupaten Bandung Barat Cermat pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya infrastruktur fisik semata, tetapi lebih menekankan pada pembangunan manusia agar melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas.

”Oleh karena itu, untuk mewujudkan visi tersebut berbagai kebutuhan dasar masyarakat harus terpenuhi secara nyata, baik kebutuhan pendidikan, kesehatan hingga pemberdayaan ekonomi yang harus direalisasikan dengan berbagai program yang telah direncanakan setiap tahunnya,” kata Bupati Bandung Barat, Abubakar ketika membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Gununghalu dan Rongga, Selasa (14/2).

Menurutnya, musrenbang merupakan momentum penting bagi sebuah pemerintahan untuk menentukan masa depannya satu tahun ke depan melalui program-program yang dibahas dalam musyawarah perencanaan tersebut yang merupakan landasan operasional pembangunan. “Karena tugas dan kewajiban pemerintah dalam menyusun anggaran harus dilandasi oleh sebuah perencanaan yang memadai dalam musrenbang yang mengacu pada visi CERMAT yang dimiliki Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Gununghalu, Jamil mengutarakan, bahwa masyarakat Gununghalu menginginkan adanya sebuah kemajuan yang lebih baik dalam pembangunan daerah mengingat tingginya berbagai potensi yang dimiliki Gununghalu dan Rongga.

“Melalui musrenbang ini merupakan ajang untuk meningkatkan skala prioritas pembangunan di kecamatan kami. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakatpun akan turut meningkat,” paparnya.

 

Dalam kesempatan ini, kata dia, keinginan masyarakat yang sudah lama diharapkan dapat terwujud lantaran masuk pada program kinerja yang akan dilaksanakan oleh pemerintah. “Makanya semua masyarakat ikut hadir untuk menyampaikan harapan-harapannya. Seperti ingin membangun jembatan, jalan atau apapun itu,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan