Emil Berang Trotoar Jalan Dago Dikotori

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berang kepada warga yang masih membuang sampah sembarangan. Kemarahan Emil – sapaan Ridwan Kamil- saat menerima kiriman foto di akun Instagram-nya yang memperlihatkan sampah berserakan.

Sudah dibagusan, diruntahan (sudah diperbagus, disampahi). Eta tempat sampah katingali di sebelahna (itu tempat sampah terlihat di sebelahnya),” ujar Emil kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, kemarin (13/2).

Emil meminta masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan di Kota Bandung. Sebab pihaknya mengaku sudah bersusah payah untuk merevitalisasi trotoar yang dibiayai oleh APBD. Namun nyatanya fasilitas tersebut dengan seenaknya dikotori oleh sebagian masyarakat.

”Komentar saya jaga kebersihan baik warga Bandung baik wisatawan bahwa membangun fasilitas itu pakai uang rakyat, hasil susah, hasil wah panjang. Jadi sakit hati dikotori oleh orang-orang yang mau enaknya tidak bertanggung jawab,” katanya.

Emil meminta, semua warga Bandung maupun wisatawan mau menjaga kebersihan. Karena, membangun fasilitas di Bandung itu pakai uang rakyat.  ”Jadi akan sakit hati kalau dikotorin seenaknya,” katanya.

Saat disinggung terkait ungkapannya di Instagram yang menulis ’salam jari tengah’, Emil menyebut hal itu sebagi ungkapan kekesalannya. ’Kalau masalah simbol itu bahasa Inggrisnya orang marah dalam diam. Saya kalau marah mah baeud, tapi kan hese nunjukeun baued dalam IG (Saya kalau marah cemberut, tapi kan susah menunjukkan cemberut di IG). Saya tanya marah dalam diam kasar enggak? Enggak semua orang marah menerjemahkan sama, Saya juga sering bergaul dengan orang Amerika. Saya kan enggak tuliskan artinya naon, Saya teh kesel, jadi wajar we (Saya kan enggak tuliskan artinya apa, Saya kesel, jadi wajar),” ujarnya. (fik)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan