oleh

Banyak TKI Lupa Punya Asuransi

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, sebenarnya memiliki asuransi yang diselenggarakan pihak penyelenggara jaminan tenaga kerja di negara TKI bekerja.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, selama ini, asuransi yang dimiliki para TKI jumlahnya cukup banyak. Namun uang asuransi milik purna TKI ini tidak diambil oleh pekerja.

Agus mengungkapkan, banyaknya dana asuransi yang tidak diklaim disebabkan banyak TKI yang tidak mengetahuinya. Atau para TKI kurang paham dalam prosedurnya, sehingga dana asuransi ini mengendap diberbagai negara.

Baca Juga:  Hari Ini Rupiah Kian Menguat

”Mungkin TKI kita sibuk, ketika selasai kontrak sehingga terburu-buru ingin pulang ke tanah air,” jelas Agus ketika ditemui di Gedung Sate usai penandatanganan kerajasama nota kesapahaman dengan National Pension Service (NPS) Korea Selatan antara BPJS TK, bjb, BNP2TKI dan Pemprov Jabar di Gedung Sate kemarin (8/2).

Dirinya memaparkan, untuk tahap awal, pihaknya saat ini baru bisa memberikan fasilitas untuk asuransi TKI yang bekera di Korea Selatan dengan nilai total asuransi sebesar 200 miliar lebih. Namun untuk Provinsi Jabar adalah yang terbesar dengan nilai  Rp100 miliar lebih untuk 1.737 dengan total TKI yang bekerja di Korea 40 ribuan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga