Merusak Hari Bahagia Guardiola

bandungekspres.co.id, MANCHESTER – Tottenham Hotspur yang mengakhiri bulan madu Josep Guardiola di Manchester City awal musim ini, 2 Oktober lalu. Hotspur pulalah yang berpotensi besar merusak indahnya hari-hari Guardiola setelah berulang tahun untuk kali pertama. Ya, 18 Januari lalu Guardiola berulang tahun ke-46.

Hanya ada dua kado dari Spurs yang jadi pilihan Guardiola. Kado tiga angka atau malah makin nestapa di hari bahagianya. Sekali lagi kalah, maka enam kekalahan dalam satu musim menjadi kado terburuk Guardiola sepanjang delapan tahun karir melatihnya. Padahal, musim ini belum berakhir.

”Pressing tinggi yang membuat kami dapat mengulangi apa yang terjadi di White Hart Lane,” ungkap bek kanan Spurs Kyle Walker sebagaimana dikutip London Evening Standard. Absennya Jan Vertonghen satu-satunya yang membedakan bentrok di London dan Manchester kali ini. Vertonghen absen enam pekan karena cedera engkel.

Tanpa Vertonghen bukannya ada celah bagi Guardiola. Mauricio Pochettino sudah punya solusi jika ada salah satu bek tengahnya absen. Dalam laga nanti, Spurs akan tetap memakai formasi tiga bek dengan 3-4-2-1. Dengan formasi ini, Spurs mampu menang di 3 laga beruntun.

Menang 4-1 atas Watford (1/1), lalu 2-0 atas Chelsea (5/1) dan mempermak empat gol tanpa balas West Bromwich Albions pekan lalu WIB (14/1). Ben Davies jadi pemain pengganti Vertonghen. Dalam akun Facebook resmi Spurs, Pochettino menyebut timnya harus mampu beradaptasi dengan skema apapun yang dipakainya.

Entah dengan tiga bek atau empat bek. ”Plan B dan Plan C harus kami miliki pada setiap laga berbeda. Yang harus diingat, mereka (City) punya skuad yang mampu tampil mengejutkan lawan. Kadang, untuk situasi ini yang kami butuhkan main lebih fleksibel,” tutur Pochettino.

Faktanya, persentase cleansheet The Lilywhites – julukan Spurs – lebih besar jika bermain dengan tiga bek ketimbang empat bek. ”Pemain harus paham bahwa kami dapat bermain berbeda. Sepakbola itu permainan yang butuh fleksibilitasmu, dan penting agar beradaptasi dengan karakteristik permainanmu,” lanjut pelatih Argentina itu.

Nah, jika sudah ada jaminan tiga bek bisa menutup ruang gerak Sergio Aguero, di sisi sayap yang akan memberi mimpi buruk kepada City. Dua full-back-nya Danny Rose dan Walker sudah on fire. Saat bertahan, mobilitas keduanya bisa menutup ancaman The Citizens – julukan City – dari sayap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan