YZR-M1 2017 Tak Banyak Alami Perubahan

bandungekspres.co.id, SPANYOL – Motor anyar Yamaha tidak akan mengalami banyak perubahan pada musim 2017. Kemarin (19/1), meluncurkan YZR-M1 2017 di markas sponsor utama tim, Movistar. Valentino Rossi dan Maverick Vinales menjadi bintang utama dalam peluncurkan tersebut.

Bahkan, sosok baru dalam Yamaha, Vinales – menggantikan Jorge Lorenzo – menjadi perhatian. Mengingat, hal tersebut menjadi kali pertama kehadiran resmi Vinales dalam tim Yamaha.

Diakui oleh Direktur Tim Massimo Meregalli  pengembangan motor prototipe 2017 sedikit lambat. Harusnya, lanjut dia, pengembangan tersebut selesai pada akhir 2016.

Akan tetapi, pengembangan tersebut selesai kurang dari 15 hari sebelum tes pramusim pertama di Sepang.  ”Terlepas dari mesin, motor tahun ini bukan hasil dari desain baru. Melainkan,  berdasarkan pendahulunya,” ucap Meregalli dilansir dari Motosport, kemarin.

Sementara itu, menurut salah satu sumber dari Yamaha, pihaknya banyak mengubah, tetapi tidak memodifikasi filosofi motor. ”Dasar motor 2017 sama seperti pada 2016. Dengan sasis, swing-arm, mesin, suspensi dan segalanya. yang berbeda. Tapi tanpa merusak filosofi motor 2016,” ucap sumber yang tidak mau disebut nama.

”Di Valencia dalam tes akhir musim, beberapa hal baru kami uji coba. Namun, itu bukan final dari motor 2017 dan bukan yang akan kami lihat di Sepang saat tes pramusim 2017,” imbuhnya.

Pihaknya akan memiliki basis prototipe berdasarkan semua data 2016. Diitambah data yang dikumpulkan di Valencia dan Sepang saat tes privat akhir November 2016.

”Tapi saya yakin motor akan terus berubah setelah tes pramusim tersisa yaitu di Phillip Island dan Qatar,” ungkapnya. (nit)

Tinggalkan Balasan