Matsunaga Shohei Ingin Jadi WNI

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Pemain asal Jepang yang kini akan memperkuat Persib Matsunaga Shohei, punya berkeinginan untuk bisa menjadi warga negara Indonesia (WNI). Keinginan itu terkuak saat dirinya berlatih sendiri di Lapang Sidolig, kemarin.

Bahkan konon pria kelahir 7 Januar 1989 itu pun bercita-cita untuk dapat membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia.Namun bukan hanya ingin bermain di Timnas saja, alasan Matsunaga ingin mengubah kewarganegaraannya itu.

Pemain yang sudah hampir enam tahun bermain di kompetisi negeri ini, mengaku sudah merasa nyaman tinggal di Indonesia. Begitu pula sang istri yang kini tengah mengandung dan berencana melahirkan di Indonesia.

”Saya suka main di Indonesia, banyak teman di sini dan saya sudah betah. Ada keinginan juga untuk main bersama Timnas,” ungkap Shohei di Lapangan Sidolig, Jumat (13/01).

Menurutnya, secara kultur Indonesia lebih menyenangkan daripada Jepang yang menurutnya mayoritas gila kerja.  ”Jepang memang terlihat begitu indah. Tapi, banyak orang di sana tatapannya seperti kosong,” katanya.

”Mereka banyak uang tapi tidak tahu cara menghabiskannya. Kalau di Indonesia punya uang atau tidak, bisa senang,” jelas pemain yang musim ini, kali kedua membela Persib.

Jika mengacu pada sejumlah syarat menjadi seorang WNI, Matsunaga termasuk sudah memenuhi salah satu syaratnya. Dia telah berada di Indonesia lebih dari lima tahun dan membela tim-tim seperti Persegres Gresik dan Persiba Balikpapan. Dia juga sudah mampu berbahasa Indonesia dengan baik, dan, dari sisi usia pun masih terbilang muda.

”Saya sudah bilang juga kepada manajemen keinginan menjadi warga Indonesia. Mereka pun punya niat membantu saya, mudah-mudahan bisa,”jelasShohei.

Dimintai tanggapan oleh para pewarta terkait terbitnya regulasi untuk kompetisi ISL 2017, yang salahsatu poinnya mewajibkan tim menyertakan pemain berusia di bawah 23 tahun dalam starting eleven. Shohei menilai, aturan itu sangat bagus untuk tumbuh kembang pesepak bola muda Indonesia.

”Itu kesempatan buat pemain lokal untuk menunjukan kualitas,” ungkap Shohei.

Shohei berpendapat, pemain muda bisa diandalkan selama mendapat kepercayaan dari pelatih dengan memberikan jam bermain yang lebih banyak. Dia mengatakan, sewaktu berseragam Persiba Balikpapan, banyak pemain muda yang punya kualitas mumpuni semisal Abdul Azis, Heru Susanto dan Hanif Syahbandi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan