Solusi Mane dengan Coutinho

bandungekspres.co.id, LIVERPOOL sudah tidak boleh terburu-buru lagi mencari pengganti Sadio Mane. Sebab dengan comeback-nya Philippe Coutinho, Juergen Klopp masih memiliki opsi lain andai gagal berbelanja di bursa transfer musim dingin Januari ini. Ya, laga kemarin WIB (12/1) jadi debut Coutinho setelah enam pekan absen karena cedera engkel.

Coutinho memulainya dari bangku cadangan menggantikan Georginio Wijnaldum pada menit ke-61. Sayang, Coutinho gagal menyelamatkan Liverpool dari kekalahan ini.  ”Apapun itu, kembalinya Philippe (Coutinho) ini kabar bagus bagi kami,” ucap Klopp di Liverpool Echo.

Klopp meminta Coutinho menempati posisi Adam Lallana di sayap kanan. Lallana lalu mundur mengisi pos yang ditinggalkan Gini – sapaan Wijnaldum. Nah, sayap kanan inilah yang jadi pekerjaan rumah Klopp selama Januari ini. Mane sebelumnya nyaris tak tergantikan di posisi itu.

Coutinho sebelumnya lebih sering dimainkan di posisi 10, atau jika tidak dia akan bermain di sayap kiri. Versatilitas attacking midfielder berkebangsaan Brasil ini bisa jadi nilai plus untuk membuatnya nyaman bermigrasi dari sayap kiri ke sayap kanan. Dia kali terakhir bermain sebagai sayap kanan pada perempat final Piala FA 2014-2015.

Saat itu, Coutinho pun juga menyumbang sebiji gol ke gawang Blackburn Rovers. Liverpool menang 1-0. ”Begitu juga ini tadi. Kalian bisa lihat kan berapa pentingnya dia bagi kami. Saya akui, dia belum 100 persen. Yang terpenting dia sudah menunjukkan ke kami aksinya di setengah jam terakhir, dia melakukannya dengan baik,” tutur Klopp.

Statistik mencatat, dalam setengah jam Coutinho bisa menjadi pemain yang punya agresivitas terbanyak kedua di bawah Roberto Firmino. Coutinho mengancam dengan 2 kali tembakan meski kedua-duanya tidak tepat sasaran. Coutinho pun berani menjelajah di area pertahanan Soton. Total 46 sentuhan dalam 30 menit yang terbaik di Liverpool.

Hanya, bek Liverpol James Milner menyebut progress Coutinho cukup signifikan. Apalagi untuk pemain yang baru pulih dari cedera lebih dari sebulan. ”Tidak mudah agar bisa melupakan trauma cedera seperti dia (Coutinho). Dengan lebih banyak minutes play lagi, dia akan makin nyaman dengan permainannya, itu yang kami harapkan,” harapnya di dalam situs resmi klub.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan