Kukuhkan Saber Tim Pungli

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Sebanyak 40 personil gabungan dari empat unsur institusi dikukuhkan sebagai Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Ngamprah, kemarin (12/1). Personel tersebut gabungan dari Pemrintah Daerah (Pemda) Bandung Barat, TNI/Polri dan Kejari Bale Bandung.

Abubakar menyatakan, pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen, dalam memberantas segala bentuk pungutan liar. Baik di lingkungan institusi pemerintahan ataupun di seluruh wilayah Bandung Barat. Hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk memberantas pungli di setiap daerah.

Apalagi, kata Abubakar, hal tersebut sesuai visi misi Pemda Bandung Barat. Ke depannya, sebut dia, terkait persoalan pungli ini, pihaknya berharap segala bentuk laporan harus sesuai dengan pakta dan bukti yang jelas. ”Tinggal laporkan saja jika memang terbukti ada pungli, tapi jangan fitnah,” ungkap Abubakar kepada wartawan seusai acara pengukuhan.

Abubakar menuturkan, untuk kebutuhan anggaran dan fasilitas lainnya akan direncanakan nanti setelah struktur tim Saber Pungli terbentuk. Seluruhnya dan akan masuk ke dalam anggaran perubahan 2017.

Disinggung laporan pungli, Abubakar mengaku, dirinya pernah menerima secara langsung laporan dari masyarakat tentang adanya pungli melalui pesan SMS. Setelah itu, melalui tim Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) yang ada di Inspektorat selalu melakukan klarifikasi untuk menyelesaikan permasalah tersebut.

”Kami minta tim TLHP ini untuk melakukan klarifikasi, dalam hal ini koordinasi dengan Inspektorat,” kata Abubakar.

Sementara itu, Kepala Tim Saber Pungli Bandung Barat yang baru dilantik Kompol Mokhamad Lukman Syarif menambahkan, untuk tahap awal, ke depan pihaknya akan menjabarkan secara teknis terkait penjelasan mengenai pungutan liar. Hal tersebut sebagaimana instruksi Presiden, Gubernur dan Bupati.

Namun, kata Lukman, Saber Pungli sebagaimana namanya, bertekad akan memberantas segala bentuk pungutan liar yang ada di KBB. ”Pungutan liar ini akan kami berantas, bukan hanya di pemerintahan, tapi di seluruh wilayah hukum Bandung Barat,” kata Lukman yang juga menjabat Wakapolres Cimahi.

Kendati demikian, kata Lukman, saat ini pihaknya belum ingin menjabarkannya teknis cara kerja tim Saber Pungli ke depannya. Namun, warga bisa melaporkan keluhan secara langsung menyangkut persoalan pungli ke  kantor sekretariat. ”Kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk memberantas pungli ini,” pungkasnya. (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan