Cara Soesilo Toer Menghidupkan Rumah Masa Kecil Pramoedya Ananta Toer

”Satu yang saya jaga, yakni semangat agar bisa melakukan apa saja sehingga PATABA bisa terus hidup dan membawa manfaat bagi masyarakat,” tegasnya.

Semangat yang menyala itu pun disebut Soesilo didapatkan dari setiap pengunjung PATABA. Karena itu, dalam kondisi apa pun, Soesilo selalu menyapa dan menemui pengunjung yang datang ke PATABA.

Tidak cukup di situ, kepada setiap pengunjung, dia selalu bercerita panjang lebar tentang Pram, tentang dirinya, tentang keluarganya, dan kehidupan bernegara. ”Dengan ngobrol dengan Anda seperti ini, sama artinya memperpanjang usia saya seminggu,” katanya, lantas tertawa.

Soesilo mendokumentasikan semua tamunya. Dia selalu menyodorkan buku tamu kepada pengunjung. ”Ini sudah buku tamu yang kesepuluh. Yang datang ke sini sudah dari empat benua. Hanya tamu dari Afrika yang belum ada,” terangnya.

Beberapa nama ternama pernah berkunjung ke PATABA. Di antaranya, sastrawan Ajip Rosidi, Sindhunata, dan pelukis Djoko Pekik. ”Kami senang kalau ada yang datang. Itu berarti budaya membaca akan terus hidup di negeri ini,” tandasnya. (*/c5/ari/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan