Pemkab Bandung Borong Penghargaan KIP

bandungekspres.co.id, SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung kembali diganjar penghargaan dalam Penerapan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) oleh Komisi Infomasi (KI) Provinsi Jabar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Ir H Sofian Nataprawira MP mengaku senang dengan raihan prestasi tersebut. Dia menyebutkan Kabupaten Bandung berhasil mempertahankan peringkat I di bidang KIP untuk kategori Informasi Publik Berkala Tingkat Provinsi Jabar 2016. Piala serupa juga diraih Kabupaten Bandung pada Tahun 2015 lalu.

Ahamdulillah pada tahun ini, kita bisa menpertahankannya. Ini semua berkat kerja keras seluruh PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Red.) di setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red.) di lingkungan Pemkab Bandung,” ucap Sekda Kabupaten Bandung Ir. H Sofian Nataprawira MP, usai menerima piala penghargaan KIP pada acara Pemeringkatan Hasil Monitoring dan Evaluasi Penerapan UU KIP Tahun 2016 di Aula Barat Gedung Sate Kota Bandung, kemarin (15/12).

Lebih lanjut dia dalam implementasi KIP ada tiga kategori penghargaan lainnya yang mampu dikoleksi Pemkab Bandung, yakni berhasil menduduki posisi ke dua untuk kategori Penyusunan Standar Pelayanan Informasi Publik dan tak kalah membanggakan BAPPEDA Kabupaten Bandung masuk 2 (dua) besar di antara 15 BAPPEDA di Jawa Barat yang dinilai dapat menerapkan Standar Layanan Informasi dan Penyediaan Informasi Publik.

”Atas berbagai raihan tersebut, maka secara umum dalam penerapan UU KIP ini berhasil menduduki peringkat ke dua setelah Kota Depok,” ungkapnya.

Apa yang diraih Kabupaten Bandung tersebut, kata dia, merupakan prestasi dan menunjukkan ada peningkatkan kinerja PPID untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi. Karena di tahun lalu secara umum Kabupaten Bandung hanya menduduki peringkat ke lima.

”Ini menunjukan kinerja OPD dalam meningkatkan layanan informasi publik cukup signifikan. Dan ini tidak terlepas dari peran dan pembinaan yang dilakukan oleh PPID Utama,” imbuh Sofian.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) selaku PPID Utama Pemerintah Kabupaten Bandung, Achmad Kosasih menyebutkan apa yang diraihhnya menjadi sebuah cambuk untuk dirinya dan kawan-kawan OPD untuk terus memperbaiki dan membenahi segala kekurangan pemerintah dalam memberikan layanan khususnya di bidang informasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan