Ballon dOr 2016 Milik Cristiano Ronaldo

bandungekspres.co.id – Setelah isunya sempat beredar sejak beberapa hari terakhir, Cristiano Ronaldo akhirnya sah dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik berkat raihan Ballon d’Or 2016.

Ronaldo berhak menyabet trofi Golden Ball tahun ini usai mengalahkan rival terberatnya, Lionel Messi, dan juga striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Sukses Ronaldo dianggap sangat pantas karena keberhasilannya membawa Real Madrid juara Liga Champions 2015-2016 dan Portugal kampiun Euro 2016.

“Sangat membanggakan memenangi golden ball keempat kalinya. Emosinya sama seperti saat pertama kali memenanginya. Ini masih menjadi mimpi yang menjadi kenyataan. Saya tak pernah membayangkan memenangi Ballon d’Or empat kali, jadi saya sangat senang dan bahagia,” ucap Ronaldo seperti diberitakan Guardian.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua rekan setim, di timnas Portugal, Real Madrid, dan semua orang serta pemain yang membantu saya memenangi trofi individu ini. Jadi, seperti yang terbayangkan, saya sangat bangga dan senang meraih bola indah ini,” imbuhnya.

Penyerang Real Madrid asal Portugal tersebut sudah empat kali meraih Ballon d’Or, yakni pada 2008, 2013, 2014, dan 2016. Dia hanya kalah dari Messi yang sejauh ini sudah lima kali merebut trofi Ballon d’Or (2009, 2010, 2011, 2012, 2015).

Meski begtiu, Ronaldo tetap laik dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik di Eropa. Pasalnya, koleksi gelar Ballon d’Or miliknya lebih banyak ketimbang deretan pesepak bola terbaik asal negara-negara Eropa.

Dia mengungguli beberapa pesepak bola legendaris semisal Michel Platini (3 kali), Johan Cruyff (3), Marco van Basten (3), FRanz Beckenbauer (2), Ronaldo Luis Nazario da Lima (2), Alfredo Di Stefano (2), Kevin Keegan (2), dan Karl-Heinz Rummenigge (2).

Sekadar informasi, Ballon d’Or tahun ini kembali ke format lama karena resmi berpisah dengan FIFA. Majalah kenamaan Prancis, France Football, kembali menjadi satu-satunya pemegang hak paten penyelenggaraan anugerah untuk pesepak bola terbaik sejagat raya ini.

Daftar peringkat Ballon d’Or 2016 berdasarkan jumlah suara:

1) Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal)
2) Lionel Messi (Barcelona/Argentina)
3) Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Prancis)
4) Luis Suarez (Barcelona/Uruguay)
5) Neymar Jr (Barcelona/Brasil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan