94 Orang Meninggal Dunia, Gempa 6,5 SR Guncang Aceh

Disinggung apakah akan mendatangi lokasi gempa, Jokowi menyatakan belum. ’’Ini KSP dulu, nanti akan kita ikuti terus (perkembangannya),’’ tambahnya. Di luar itu, seluruh aparat juga sudah bergerak sesuai otoritas masing-masing di bawah komando BNPB.

Wapres Jusuf Kalla menyampaikan hal senada. ’’Pemerintah menyampaikan rasa duka cita yang dalam untuk korban, karena gempa yang terjadi di Pidie Jaya,’’ ujarnya di kompleks Istana Wakil Presiden kemarin. dia juga sudah mengontak Kapolda Aceh untuk meminta update kondisi di Pidie Jaya dan sekitarnya.

Dia menegaskan, pemerintah akan membantu upaya pemulihan pascagempa. Untuk saat ini, pemerintah masih fokus pada upaya tanggap darurat sembari mendata jumlah korban maupun kerusakan. Mengenai level bencana, JK tidak ambil pusing. Yang penting semua pihak terkait segera menangani bencana tersebut.

JK menambahkan, dia berencana untuk datang ke lokasi gempa, namun tidak dalam waktu dekat. ’’Saya sudah rencanakan, tapi presiden mungkin besok ke sana (Pidie Jaya) dari Bali,’’ tambahnya. Sesuai aturan, presiden dan wapres tidak boleh hadir bersamaan saat kunjungan kerja ke daerah.

Sementara itu, semalam Jokowi mengajak ribuan undangan sosialisasi tax amnesty di Nusa Dua, Bali, untuk berdoa bersama. dia memimpin langsung prosesi doa di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) itu. ’’Mari kita memanjatkan doa untuk seluruh masyarakat Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie Jaya, semoga tetap tabah, tawakkal, dan tetap kuat,’’ ujarnya.

Dia juga menyerukan kepada masyarakat yang terdampak gempa agar mampu bangkit. ’’Saudara-saudara semuanya di Kabupaten Pidie Jaya tidak sendirian dalam menghadapi cobaan ini,’’ lanjutnya. mengenai rencana keberangkatan, Presiden menyatakan masih dalam persiapan. ’’Saya tidak ingin malah mengganggu proses evakuasi yang ada,’’ tambahnya.

Terpisah, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa Kapolda Aceh telah diinstruksikan untuk membantu masyarakat Aceh yang menjadi korban gempa secara maksimal. Tindakan pertolongan harus dilakukan secepatnya. ”Segera turun all out,” tegasnya dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Sementara Karopenmas Divhumas Mabes Polri Kombespol Rikwanto menjelaskan bahwa upaya untuk penyelamatan korban gempa diutamakan, Polda dan Polres dikerahkan untuk satu per satu mengecek setiap rumah yang roboh. ”Ini untuk mengetahui kemungkinan adanya korban yang tertimbun dan masih hidup,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan