Warga Keluhkan Pembuangan Limbah

bandungekspres.co.id, PADALARANG – Warga Kampung Pangakalan, Desa Cipendeuy, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat mengeluhkan bau busuk limbah pembuangan pabrik tekstil dan pencelupan di sungai Cihaur. Sebab, limbah yang bersumber dari pabrik industri di kawasan Cimareme membuat kondisi air sungai berwarna kehitaman dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Salah satu warga, Asep Winardi, 27, mengaku heran dengan aktivitas pabrik yang sengaja membuang limbah ke sungai tersebut. Kejadian tersebut terjadi hampir dua bulan. Sehingga warga setempat merasa tidak nyaman dengan baun yang mengganggu warga setempat dan mengancam kesehatan.

”Baunya sudah membuat sesak nafas dan bikin pusing warga,” katanya, kemarin (2/12).

Dikatakan Asep, biasanya limbah dibuang biasanya saat tengah malam. Limbah yang dibuang merupakan limbah cair yang mengandung zat kimia. Jumlah limbah cair dari pabrik juga biasa meningkat apabila hujan turun.

Akibatnya, sungai pun berubah menjadi warna hitam pekat. Padahal, dulu sungai ini biasa digunakan untuk memancing. ”Karena kondisinya seperti ini, maka sekarang warga sudah tidak bisa memanfaatkan air sungai lagi,” pungkasnya. (bbs/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan