Komisi VI Dorong Kavitalisasi UMKM

Senada dikatakan Direktur IKM Pangan Barang dari Kayu dan Furnitur, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian, Sudarto, menyambut baik kegiatan tersebut. Dia juga menyebutkan Indonesia memiliki potensi sumberdaya alam yang banyak berpotensi.

”Bahan pangan Indonesia itu sudah diakui sandang, pangan dunia sebenarnya. Indonesia sebagai sumber pasar, karena jumlah penduduk, SDM kita tersedia banyak, permasalahanya kalau kita angkat buat suatu produk yang sekarang masuk pasar global,” ungkap Sudarto.

Untuk hal itu, sebut dia, perlu adanya pengoptimalan transfer teknologi ke pedesaan. Karena masyarakat pedesaan saat ini memiliki keterbatasan akses terutama terkait teknologi.”Teknologi mengolah sumber daya. Misal di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, ini belum banyak di manfaatkan menjadi suatu produk-produk yang bermutu dan untuk mengisi potensi peluang pasar,” ujarnya.

Karena hal inilah, sebut dia, maka peran kementerian, lembaga perguruan tinggi dan balai akan sangat berperan. ”Semua harus sinergi mengurus mengelola kekayaan alam dalam satu sentral,” jelasnya.

Sementara itu dalam kegiatan yang dilakukan selama seminggu terakhir itu menurut Pelaksana Kegiatan Tri Hasono, telah dilakukan pelatihan menjahi pada para peserta. Bahkan, pada acara penutupan hasil pelatihan para peserta itu ditampilkan dengan peragaan para model dari para peserta. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan