Cimahi Wujudkan Indonesia Sehat

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Peringatan  Hari Kesehatan  Nasional (HKN) ke- 52 tingkat Kota Cimahi berlangsung di selasar Gedung B, Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Harjakusumah,  kemarin (25/11).  Tema HKN kali ini, “Indonesia Cinta Sehat ” dengan sub tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”.

Sekretaris Daerah Kota Cimahi M. Yani mengatakan,  Pemerintah Kota Cimahi terus berkomitmen meningkatkan pembangunan di segala bidang termasuk bidang kesehatan yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh pemerintah, swasta dan masyarakat secara integratif dan sinergis.

Sebut dia, pengembangan dilakukan dengan pembinaan kelurahan siaga melalui mekanisme pemberdayaan kecamatan dan kelurahan serta masyarakat dalam antisipasi dan tindakan penyelamatan ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir serta kelompok masyarakat lainnya. Selain itu ada pengembangan kota sehat yang merupakan pembangunan kota secara berkelanjutan dan lebih menekankan pada dampak dari pembangunan yang tidak menimbulkan / mengakibatkan degradasi lingkungan fisik dan tidak membahayakan dari sisi kesehatan.

”Konsep tersebut merupakan bagian yang terintegrasi dalam rencana pembangunan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan faktor fisik, ekonomi, sosial dan budaya setempat,” kata Sekda Kota Cimahi, M Yani pada Cimahi Ekspres, kemarin.

Yani pun memaparkan kota sehat merupakan suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Tatanan kota sehat yang telah dilaksanakan di Kota Cimahi meliputi kawasan permukiman sarana & prasarana sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat.

”Dalam perjalanannya kita harus selalu meningkatkan kreatifitas dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam peningkatan kota sehat baik kualitas maupun kuantitas dalam penerapan setiap tatanan sesuai dengan kondisi Kota Cimahi. sehingga benar-benar mampu mewujudkan kota yang sehat, nyaman dan aman untuk dihuni oleh masyarakatnya secara utuh,” lanjut Yani

Yani juga mengajakmelalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) yang merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan