Timnas AS Pecat Klinsmann

bandungekspres.co.id, SETELAH lima tahun menjadi pelatih timnas Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann akhirnya dipecat dari jabatannya pada Senin kemarin. Menyusul hasil buruk di dua laga terakhir.

AS menelan kekalahan beruntun di dua laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf, pekan lalu. AS tumbang 0-4 dari Kostarika dan 1-2 dari Meksiko.

Kekalahan 0-4 dari Kostarika, merupakan kekalahan terburuk AS di babak kualifikasi sejak 1957. Kekalahan telak inilah yang disinyalir membuat Klinsmann ditendang.

”Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmennya selama lima tahun,” kata Presiden Sepakbola AS, Sunil Gulati dilansir Soccerway, kemarin (22/11).

Meski demikian Sunil juga tetap memberikan apresiasi atas raihan prestasi yang sudah diemban Klinsmann sebelumnya. ”Dia (Klinsmann) dengan penuh kebanggaan dan tanggung jawab mengemban tugas ini. Dan, dia telah meraih pencapaian yang bagus sepanjang masa kerjanya,” lanjut Gulati.

Sepanjang melatih timnas AS, Klinsmann meraih total 55 kemenangan, 27 imbang, dan 16 kalah. Termasuk, di antaranya rekor 12 kemenangan beruntun di 2013 lalu.

Sementara itu, dua kekalahan ini membuat AS terpuruk di dasar klasemen dengan nirpoin dari dua laga. Sementara itu, puncak klasemen sementara dihuni Kostarika dengan enam poin.

”Kami yakin bisa lolos kualifikasi. Dengan laga berikutnya, yang akan digelar pada Maret 2017 nanti, maka kami punya waktu untuk melakukan persiapan matang,” katanya.

Timnas AS belum memutuskan nama pengganti Klinsmann. Namun, pelatih LA Galaxy, Bruce Arena menjadi kandidat kuat. Pelatih 65 tahun itu eks pelatih timnas AS di Piala Dunia 2002 dan 2006. (asp)

Tinggalkan Balasan