STQ Arena Strategis Memasyarakatkan Alquran

bandungekspres.co.id, SOREANG – Wakil Bupati Bandung H. Gun Gun Gunawan mengapresiasi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke V tingkat Kabupaten Bandung tahun 2016. Menurutnya STQ merupakan arena strategis dalam memasyarakatkan Alquran.

”STQ ini sangat strategis untuk memasyarakatkan Alquran. Karena setiap muslim wajib berdakwah. Melalui ajang ini, para peserta harus mampu meliterasi dan mengaplikasikan Alquran dalam kehidupan di masyarakat sekitarnya,” ucap Gun Gun pada Bandung Ekspres, saat acara penutupan STQ ke V tingkat Kabupaten Bandung di Aula Hotel Antik I Soreang, Selasa (15/11).

Selain itu kata dia, seleksi tersebut bukan semata-mata mencari pemenang, tetapi lebih kepada kewajiban sesama muslim untuk menegakkan Quran dan Islam. Maka, kata dia, salah satu bentuknya yakni adanya partisipasi aktif dan akseleratif dalam mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia masyarakat itu sendiri melalui STQ.

”Dalam proses manusia yang berkeadaban, STQ dilakukan sebagai akselerasi muslim dalam menegakkan Alquran. Jika sudah dibaca, dipelajari, dimaknai, diaplikasi maka harus disebarkan dengan benar,” imbuh Gun Gun didampingi Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bandung Dah Saepulloh.

Lebih lanjut Gun Gun menjelaskan, selain melahirkan output para juara, STQ harus mampu menghasilkan manfaat yang positif bagi perkembangan kehidupan masyarakat, terutama dalam memantapkan visi religius masyarakat Kabupaten Bandung.

Dia berharap peningkatan di bidang SDM melalui STQ ini terus dikembangkan. Selain turut mendukung visi tersebut, seleksi ini digelar untuk menghadapi event yang lebih tinggi di masa yang akan datang.

Sekretaris Dewan Hakim STQ ke V, H. Aziz Kawakibi, paradigma STQ sebagai sebuah ajang lomba harus dikembangkan pada terbangunnya sistem pembinaan kehidupan beragama, melalui pemahaman yang benar mengenai AlQuran khususnya di Kabupateng Bandung.

Aziz mengumumkan para pemenang STQ ke V ini, melalui Surat Keputusan Dewan Hakim STQ V Tingkat Kabupaten Bandung dengan nomor : 27/LPTQ-KAB/XI/2016 tentang Hasil Seleksi Tilawatil Qur’an V Tingkat Kabaten Bandung.

”Juara I Cabang tilawah anak putra diraih M. Hisyam N, juara I cabang yang sama dimenangkan Nadia Nisfatimah yang juga  peraih nilai tertinggi yaitu 177,7. Untuk cabang tilawah dewasa putra diraih Salman Amrilah, sedangkan putri diraih Hj. Robi’ah Adawiiyah. Sementara pada cabang tahfiz 1 juz dan tilawah putra dan putri dimenangkan Fahrizal Hanin dan Zahra,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan