Kembangkan Bandara di Selatan Jawa

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Pemerintah akan terus menambah bandara di Indonesia. Sasarannya adalah wilayah selatan Jawa. Ada dua bandara yang siap diperluas rute komersialnya, yakni Bandara Nusawiru (Pangandaran) dan Wiradinata (Tasikmalaya). Keduanya terletak di Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Jawa bagian selatan merupakan daerah yang sangat potensial. Baik untuk pengembangan wisata maupun logistik. ”Wilayah ini berpotensi mendukung logistik nasional, baik perikanan maupun pertanian,” ujarnya.

Bandara Nusawiru diberi kesempatan untuk dibuka aksesnya ke kota-kota lain seperti Jakarta, Bali, dan Jogjakarta. Saat ini masih ada beberapa hambatan dalam pengoperasian bandara. Misalnya crane proyek pembangunan Pelabuhan Bojong Salawe yang hanya berjarak 1 km dari bandara.

Sementara itu, Bandara TNI-AU Wiradinata segera dibuka untuk penerbangan komersial. Selama ini bandara tersebut khusus dipakai untuk penerbangan militer. Pengembangan bandara terkendala adanya tangki Pertamina yang tidak jauh dari bandara. Selain itu, bandara berlokasi di perbukitan.

”Nanti kita lihat apakah lokasi tangki Pertamina tersebut bisa dipindahkan. Kalau tidak bisa, dengan kondisi ini masih bisa dioperasikan. Tapi dengan pesawat maksimal berjenis ATR dan dioperasikan secara terbatas,” terang Budi. (mia/c9/ca/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan