Pedagang Pasar Cicalengka Tetap Bertahan

bandungekspres.co.id, CICALENGKA – Rencana pengosongan lapak pedagang di pasar Cicalengka Kabupaten Bandung yang menempati fasilitas umum (fasum) terminal Cicalengka, trotoar Jalan Raya dan drainase jalan pasar Cicalengka gagal. Mereka, (para pedagang pasar, red)  mengaku akan tetap bertahan selama tidak ada kejelasan nasib dari perusahaan PT. Binabangun Persada.

Uus Handi, dan Heri selaku kordinator pedagang mengatakan, keinginan para pedagang di lokasi itu tetap bertahan karena tidak terakomodir oleh perusahaan. ”Maaf kami akan tetap bertahan bahkan semenjak ditinggalkan pemerintah dalam hal ini UPTD pasar, terkait dengan sampah dan keamanan saat ini dikelola oleh Karang Taruna Desa Cicalengka,”terang heri .

Adapun kubu kedua para pedagang terminal Cicalengka dan sekitarnya pun melakukan hal yang sama, mereka akan bertahan di lokasi ini. Pengakuan mereka, masih menunggu surat jawaban dari muspika Cicalengka.

”Pokoknya kami akan tertap mempertahankan ini karena kami merasa sudah sangat ditelantarkan dan tidak diakomodir perusahaan,”terangnya.

Sementara, Muhammad Abdul Galih, selaku pendamping para pedagang pasar di terminal dan sekitarnya mengaku siap dipindahkan.”Jadi pada prinsipnya siap untuk dipindahkan dengan catatan minimal ada toleransi untuk pedagang terminal Cicalengka sekarang,” tegas Galih.

Pengembang pasar, PT. Binabangun Persada siap menampung sebanyak 345 pedagang yang berjualan di luar pasar sehat Cicalengka dan diapresiasi Muspika setempat dengan melayangkan surat kepada para pedagang pasar nomor 300/1167/trantibum tanggal 1 Nopember 2016 terkait pemberitahuan pengosongan lapak.

Alasan mereka tetap bertahan karena merasa belum terakomodir. Pedagang menilai, lapak relokasi tidak layak untuk berjualan. Apalagi, tidak meratanya kepindahan pedagang yang terbagi menjadi dua kubu yakni, mencapai 500 orang sedangkan daya tampung pasar hanya bisa menampung 345 lapak.

Kubu pertama, sebanyak 110 pedagang pasar yang berada di lokasi jalan pasar barat RT. 05 RW 02 Desa Cicalengka Wetan, dan RT 02 RW 03 Desa Cicalengka Wetan berjualan di atas drainase jalan dan disamping kantor Mapolsek Cicalengka Desa Cicalengka kulon. (gun/asp)

Tinggalkan Balasan