Semaraknya New York City Marathon 2016

New York City (NYC) Marathon tak hanya menawarkan pengalaman yang tak tergantikan kepada pelari. Penonton pun mendapat suguhan yang tak terlupakan. Berikut laporan wartawan Jawa Pos SOFYAN HENDRA yang menyaksikan satu di antara enam world marathon majors itu.

DENGAN bersemangat, Sarah memimpin cewek-cewek penabuh genderang dari Fogoazul di 92nd St, kawasan dekat Bay Ridge, New York, Amerika Serikat Tempat itu adalah spot paling pas untuk melihat gelombang pelari yang baru keluar dari Jembatan Verrazano-Narrow.

Begitu sekitar 50 ribu pelari secara bergelombang dari kejauhan tampak menyerbu jembatan itu, Sarah dan tim berjuluk Gotham’s Heartbeat tersebut langsung menabuh genderang bertalu-talu. ”You can make it!” seru Sarah kepada para pelari yang melintas. Begitu pula penonton yang berbaris rapi di jalur itu.

Bukan hanya penonton di jalan yang menikmati event yang selalu digelar pada hari Minggu pertama November tersebut. Para penghuni beberapa rumah yang dilewati pelari juga menonton dari balkon masing-masing. Semua ingin menyemangati para pelari.

Kota New York hari itu memang total disiapkan untuk NYC Marathon. Panitia tidak hanya menyiapkan kenyamanan bagi pelari. Penonton yang diperkirakan mencapai 1 juta orang (260 ribu di antaranya adalah turis) memang menjadi bagian penting.

Panitia telah menyiapkan sejumlah spot menarik bagi penonton. Jika ingin atmosfer santai dengan deretan restoran dan bar, misalnya, bisa menonton di sekitar First Avenue, Manhattan. Jika ingin melihat tawa, tangis, dan jeritan para pelari yang bersiap menembus garis finis, bisa menyaksikan di 5th Avenue Central Park Street yang masyhur.

Mariko Koga, yang kemarin menonton bersama anak balitanya, takjub dengan penyelenggaraan NYC Marathon. ”Luar biasa. Aku tak sabar melihat suamiku melintas,” kata Mariko, yang kemarin berada di depan The Plaza, hotel dengan atap yang selalu dihinggapi ratusan burung dara yang sewaktu-waktu terbang ke arah Central Park dan Apple Store. Satoshi, suaminya, melintas sekitar pukul 15.00 atau 4,5 jam setelah start sambil mengepalkan tangan tanda semangat untuk istri dan anaknya.

Tinggalkan Balasan