FSI Anggota DPR RI Fraksi PKB Dorong UMKM

cucun
H. Cucun Ahmad Syamsurijal
Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

H. Cucun mengatakan, kunjungan ini merupakan reses perorangan untuk memenuhi kewajiban melakukan sosialisasi kinerja yang dilakukan di parlemen. Sehingga masyarakat harus tahu wakil rakyat dari Kabupaten Bandung, sekaligus melihat potensi home industry di wilayah Kecamatan Cikancung.

”Ternyata banyak potensi di Cikancung ini. Mereka betul-betul mandiri, meskipun tidak ada kehadiran pemerintah daerah maupun suport dari negara,” kata Cucun saat usai kegiatan resesnya Sabtu (6/11).

Menurut Cucun, masyarakat di Cikancung betul-betul memperdayakan sendiri supaya setiap hari punya nilai tambah untuk pendapatannya. Yakni, dengan melakukan kreativitas di rumah dengan memanfaatkan bahan sedanya yang mampu membuat kerajinan keset, lap tangan, tas dan lainnya. Bahan yang mereka pergunakan, katanya, bahan dari daur ulang. Oleh karena itu, perlu adanya kehadiran pemerintah daerah maupun pusat.

”Saya sebagai wakil rakyat di wilayah ini akan membawa ke mekanisme di komisi VI terkait UKM. Saya kebetulan sebagai sekretaris fraksi akan memanggil dari komisi VI untuk memberikan suport kepada warga yang sudah berjasa untuk negara, yang mampu menghadirkan industri di rumahnya masing-masing,” ucapnya.

Cucun juga menjelaskan, di negara-negara maju seperti Tiongkok terdapat banyak home industry. Bahkan memproduksi alutsista pun ada yang home industry. Oleh karena itu, kata Cucun, kalau Indonesia mau angka ketumbuhan ekonominya bertahan, home indutrinya harus kuat. Bahkan bisa melaju naik, walaupun diterpa, diterjang oleh faktor ekternal atau faktor dari luar terhadap krisis.

”Kita harus belajar juga dari negara-negara yang jumlah penduduknya banyak tetapi neraca perekonomian cukup bagus yaitu China. Kabupaten Bandung pun bisa seperti itu, menjadi pilot projek untuk seluruh sektor-sektor industri secara nasional. Yang penting kehadiran negara, keberpihakan APBN betul-betul bisa terserap oleh rakyat. Mereka bisa di-support secara manajemen, pemesaran, permodalan oleh pihak pemerintah,” jelasnya.

Oleh karena itu, tutur Cucun, pihaknya telah menugaskan seluruh anggotanya untuk memberi perhatian khusus setiap sentra industri perumahan di tiap daerah pemilihan (dapil) masing-masing, supaya masyarakat Kabupaten Bandung bisa berdaya saing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan