Pencanangan Bulan Dana PMI

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto memimpin Pencanangan  Bulan Dana PMI, yang berlangsung di Lapangan Apel, Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, kemarin (2/11). Dalam sambutannya Sudiarto mengatakan, pemerintah kota sangat mengapresiasi keberadaan organisasi PMI yang selama ini memberikan harapan baru di tengah-tengah masyarakat yang membutuhan uluran tangan, tanpa memandang golongan, suku, ras ataupun agama.

”Peran tersebut tentu saja tidak terlepas dari dukungan segenap komponen masyarakat, baik dalam bentuk donasi dana maupun sumbangan tenaga relawan, sumbangan saran, dan material lainnya dalam rangka mengembangkan tanggung jawab kemanusiaan,” ujarnya.

Sudiarto menerangkan, dalam menjalankan fungsi kemanusiaannya, PMI  membutuhkan sokongan dari seluruh elemen masyarakat, karena tanpa dukungan segenap komponen tersebut, sebesar dan sebagus apa pun visi dan misi yang diemban PMI tidak akan terlaksana secara maksimal.

”Makna kebersamaan ini menjadi sangat penting untuk terus kita pelihara, sebagaimana tujuh prinsip dasar gerakan PMI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni, kemanusiaan, kesukarelaan, kenetralan, kesamaan, kemandirian, kesatuan dan kesemestaan.

Kehadiran PMI sebagai organisasi non-profit tentu bukan diarahkan untuk mencari keuntungan ekonomi, sehingga operasionalisasinya sangat bergantung kepada para dermawan, filantropis, donor atau para pihak yang peduli pada tugas-tugas kemanusiaan.

Menurut Sudiarto, kondisi ini menunjukkan bahwa keberadaan dan kinerja PMI ditentukan oleh kemampuan menjaga kepercayaan publik antara lain, dengan menunjukkan pelayanan yang mudah, cepat, tepat dan dengan biaya yang terjangkau pula.

”Untuk itulah, saya berharap PMI Kota Cimahi dapat menjaga amanah tersebut sehingga dukungan publik dalam bentuk bulan dana PMI selalu meningkat dari tahun ke tahun, dan jumlahnya tidak kalah dari Kota//Kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Barat. ”Bulan Dana PMI ini bukan sekedar menggalang potensi masyarakat, tetapi juga sarana untuk mengukur tingkat kepercayaan publik sekaligus dukungan moral untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” jelasnya.

Target bulan dana PMI tahun 2016 di wilayah Kota Cimahi ditetapkan sebesar Rp. 260 juta.  ”Target  ini jangan dijadikan sebagai beban, tapi jadikanlah ini sebagai sebuah tolok ukur yang dapat memotivasi bagi seluruh elemen PMI Kota Cimahi selama pelaksanaan bulan dana. Selamat  bekerja kepada seluruh koordinator dan jajarannya, semoga bulan dana PMI tahun 2016 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat mencapai target bersih yang telah ditetapkan,” tutupnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan