Warga Gandasari Bongkar Bangunan Penyumbat Air

bandungekspres.co.id, SOREANG – Banyak cara dilakukan pemerintah Desa Gandasari untuk membebaskan lingkungan dari banjir. Salah satunya, membersihkan penghalang saluran air di selokan RW 2 dan 3. Pihak Desa Gandasari membongkar bangunan di atas kali wilayahnya.

Sekretaris Desa Gandasari Budi Rosadi mengatakan, pembongkaran dilakukan dengan bergotong royong membersihkan lingkungan untuk penilaian Adipura.

”Kami melakukan kegiatan ini demi warga juga. Karena kalau dibiarkan, air terus membanjiri lingkungan yang ada di RW 2 dan 3. Sehingga ketika dilakukan uji coba dan hasilnya memang menguntungkan maka bangunan itu pun dibongkar. Tentunya ini berkat kesepakatan bersama,” terang Budi di kantor Desa Gandasari, kemarin (31/10).

Dikatakannya, kegiatan beberesih lingkungan dalam rangka penilaian piala kebersihan Adipura itu juga dilaksanakan bersama pihak UPTD Sapras Bina Marga wilayah dua Margahayu. Selain juga melibatkan tim Ecovilleg Rajin Sauyunan, warga RW 02 dan 03 serta masyarakat lainnya.

”Kami melaksanakan kegiatan beberesih selokan ini karena memang sebelumnya telah ada kesepakatan untuk mendapatkan penilaian lebih di tahap kedua. Karena sebelumnya, penilaian pertama sudah dilaksanakan. Mudah-mudahan ada peningkatan penilaian, sehingga uapaya kami ini tidak sia-sia,” tambah Budi.

Hal senada diungkapkan perwakilan Karang Taruna Bakti Muda Desa Gandasari Rully Utuk. Dia mengatakan, apa yang dilakukan warga merupakan tugas yang diwujudkan bersama dengan perangkat desa dan jajaran aktivis ecovillage Rajin Sauyunan Desa Gandasari. Sekali pun tidak memiliki target untuk menang dalam penilaian Adipura ini, namun pihak desa sudah berusaha.

”Penilaian yang dilakukan oleh juri, kebersihan lingkungan secara diam-diam itu akan memberikan semangat bagi peserta lomba perebutan piala kebersihan. Makanya kami mendukung apa yang dilakukan pemerintah desa beberesih dengan warga untuk kemajuan daerah. Semoga warga semakin sadar dengan tidak membuang sampah ke selokan maka akan membuat selokan jadi bersih dan salurannya pun diyakini takkan membanjiri area jalan,” tegasnya.

Dikataka Rully, ke depan warga jangan membangun di sembarang lokasi yang tidak sesuai dengan kesepakatan warga. Sebab dengan bangunan itu, genangan banjir akan terus terjadi dan imbasnya banjir ke kawasan RW 02 dan 03 Desa Gandasari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan