Ribuan Warga Antusias Ikuti Gerak Jalan

bandungekspres.co.id, RANCABALI – Sekitar dua ribu warga Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung antusias mengikuti gerak jalan dan berbagai kegiatan lainnya dalam rangka memperingati HUT ke-38 Desa Patengan kemarin (30/10).

Alhamdulillah, ribuan warga sekitar antusias mengikuti kegiatan yang digelar panitia dalam rangka milangkala (ulang tahun) ke-38 Desa Patengan,” jelas Kepala Desa Patengan Asep Supriadi di sela kegiatan kepada Bandung Ekspres (Jabar Ekspres group) kemarin.

Menurut Ester -sapaan akrab Asep Supriadi- kegiatan milangkala Desa Patengan rutin digelar tiap tahun. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan adat dan budaya Desa Patengan. Salin itu, juga bertujuan meningkatkan tali silaturahmi antar masyarakat Patengan khususnya, umumnya masyarakat Kecamatan Rancabali. Berbagai kegiatan digelar dalam milangkala desa tersebut, dengan melibatkan seluruh warganya, tokoh masyarakat dan unsur pengusaha yang menyeponsori kegiatan.

”Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua warga, sponsor dan semua yang mendukung terlaksananya kegiatan tahunan ini,” ungkap Ester.

Pihaknya berharap, tahun berukatnya bisa dilaksanakan lebih meriah. Karena kegiatan itu bertemakan milangkala desa dengan karakter budaya masyarakat Patengan.

Ketua BPD Desa Patengan Endang Kiki mengatakan, kegiatan milangkala Desa Patengan tiap tahunnya digelar dan diikuti oleh semua masyarakat sekitar. Namun kali ini, sangat meriah karena diikuti juga oleh masyarakat luar Desa Patengan, yakni se-Kecamatan Rancabali.

”Itu merupakan kebanggaan kami, karena kegiatan dengan tema karakter budaya masyarakat Petengan. Tapi bisa diikuti oleh masyarakat sekecamatan. Semoga tahun depan, bisa diikuti oleh masyarakat se-Kabupaten Bandung, bahkan sampai tingkat Provinsi Jabar,” katanya.

Berbagai perlombaan digelar oleh panitia, di antaranya lomba kreasi tumpeng dan makanan dengan bahan dasar kentang, loba gerak jalan dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor, dan berbagai perlombaan lainya.

Menurutnya, Desa Patengan memiliki barbagai potensi di antaranya bidang wisata, karena beberapa lokasi wisata berada di wilayah Desa Patengan.

Pihaknya bersama kepala desa terus melakukan komunikasi untuk menggali potensi demi memperdayakan masyarakat sekitar dan juga untuk mendorong perekonomian warganya. Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada masyarakat Desa Patengan pada khususnya untuk bersama sam mendorong semua program pemerintahan desa. Yakni, dengan menjaga dan melestarikan kebudayaan dan wisata yang berada di wilayah Desa Patengan.

Tinggalkan Balasan