Technopark Terapkan Green Building

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Keberadaan Technopark di Kota Cimahi  diharapkan menjadi tempat studi banding bagi setiap Kota dan Kabupaten lain di Indonesia. Pasalnya, keberadaan technopark menjadi contoh terkait penerapan tekhnologi green building untuk level local.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi, Ahmad Nuryana mengatakan, selain pembangunan gedung technopark, di lokasi tersebut juga dibuat sarana olahraga, jogging track, dan taman kreatif. “Di sini  juga akan dibuat tempat fitness out door, serra akan dibuat lapangan futsal yang berukuran sekitar 15×25 m. Artinya kesediaan sarana olahraga di sini masih tetap dipertahankan,” katanya, saat launching Technopark Cimahi, belum lama ini.

Disebutkannya, luas bangunan technopark yang hanya 36×48 meter hanya bisa digunakan 15 persen untuk bangunan gedung, dari luas seluruh lahan 11 ribu lebih atau total 5700 meter untuk bangunan dan sarana lainnya. Pengadaan basment untuk lahan parkir, lantai dua untuk display pameran, lantai tiga convrention hall dengan masing-masing dilengkapi toilet kemudian mushola.

”Artinya dari luas tanah yang digunakan untuk gedung hanya 15 persen. Sisanya untuk ruang terbuka hijau (RTH) yang nantinya akan dikembangkan menjadi taman kreatif, imv teater dan penampungan air limbah dengan konsep green building,” ujarnya.

Menurutnya, bangunan berteknologi green building ini tanpa menggunakan AC.

”Air limbah yang dihasilkan dari lingkungan technopark akan keluar bersih karena ada sistem pengolahan dan air bisa ditarik ke lokasi Damkar disekitar technopark atau  sebagai cadangan air pemadam atau untuk menyiram   taman.” tuturnya.

Dikatakan Ahmad, Dinas PU hanya ditugaskan dalam proses pembangunan fisik. Sedangkan untuk konten, subtansi pelaksanaan ada di UPT technopark di bawah Diskopindagtan.

”Akhir tahun ini kami akan menyerahkan ke pemerintah kota hasil dari pekerjaan  penyedia jasa kemudian pemerintah kota akan menyerahterimakan kepada Diskopindagtan untuk mengelolanya,”ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota Cimahi, Atty Suharti melakukan soft launching  gedung Cimahi  Technopark di Jalan Baros.  Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi  Selatan,  Minggu (23/10) lalu. Technopark digariskan dalam nawacita dan diuraikan berupa kegiatan fisik non fisik di 100 Kota/Kabupaten se-Indonesia, yang salah satunya adalah di Cimahi. ”Kami mampu mensikapi program ini dan Insya Allah yang pertama dari 100 lokasi yang di percaya,” katanya.(bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan