3.500 Santri Ikuti Kirab Perayaan HSN Kedua

bandungekspres.co.id, BALEENDAH – Sebanyak 3.500 orang mengikuti kirab santri dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-2 Tahun 2016 di Lapangan Bahuan RW 10 Desa Bojongmalaka Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung belum lama ini. Meski dalam kondisi guyuran hujan, para santri Madrasah Diniyah Takmiliyah tetap antusias mengikuti kirab santri hingga tuntas.

Dalam kirab santri tersebut juga digelar ajang seni rebbana untuk menghibur seluruh santri yang memadati lapangan. ”Kami salut dengan antusias para santri yang tetap ikut dalam kirab santri menyambut HSN ke-2. Sebenarnya HSN itu pada Sabtu (22/10/2016) lalu, namun digelar hari ini (Minggu, 23/10), karena para santri libur sekolah,” ujar Ketua Penyelenggara Kirab Santri Kabupaten Bandung H. Yana Suryana.

Menurut dia, HSN ke-2 ini dirayakan yang pertama kali di Kabupaten Bandung, lantaran HSN pertama (Tahun 2015, red) tidak dirayakan seperti ini. Meski begitu, HSN yang pertama kali digelar di Kabupaten Bandung ini memiliki nilai tersendiri karena dibarengi semangat para santri yang luar biasa.

”Ribuan santri memadati lapangan tanpa menghiraukan hujan yang terus mengguyur. Tapi, mereka tetap semangat untuk memeriahkan HSN ini,” katanya.

Dia berharap, HSN ini menjadikan pemerintah lebih perhatian ke seluruh santri terutama sarana dan prasarana pesantren dan penunjang lainnya akan lebih nyaman serta lebih baik lagi.

Alhamdulillah, pemerintah daerah sudah peduli dengan para guru-guru Madrasah Diniyah Takmiliyah. Meski sudah baik, tapi kami berharap akn lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kirab santri juga digelar di Kabupaten Bandung Barat. Lebih dari tiga ribu santri anak-anak dan dewasa mengikuti kirab dengan rute jalan-jalan utama Cililin, Bandung Barat. Usai kirab diakhiri dengan upacara peringatan terpusat di Alun-alun Cililin.

Bandung Barat dikenal dengan kabupaten santri ini memang banyak terdapat pondok pesantren. Di hari santri ini santri turun ke jalan untuk memeriahkan acara.

Berbagai kreasi ditampilkan santri yang datang dari setiap penjuru bandung barat, iring-iringan bedug, dan berbagai kostum bertema islam kreatif ditampilkan santri. (apt/rdr/JPG/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan