Parkir Sembarang, Lahan Parkir Tak Terpakai

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Parkir kendaraan bermotor di lingkungan Gedung A Perkantoran Pemkab Bandung Barat semerawut. Tidak hanya kendaraan umum, kendaraan berplat merah pun terparkir di area tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, puluhan kendaraan bermotor tersebut menghalangi tangga sebagai akses menuju gedung tersebut. Masyarakat yang akan mendatangi kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan beberapa dinas lainnya harus mencari jalan lain untuk menghindari kendaraan motor yang terparkir.

Padahal, pemerintah daerah sudah menyediakan area khusus untuk parkir motor dan mobil baik milik Pegawai Negeri Sipil (PNS), maupun masyarakat yang datang. Bahkan, area parkir khusus motor yang disiapkan pemerintah daerah tersebut tampak kosong. Tercatat, Pemkab Bandung Barat sudah menyediakan 6 area parker dilengkapi rambu petunjuk parkir untuk.

”Saya mau ke kantor disdik tapi banyak motor yang terparkir sembarangan dan menghalangi tangga sebagai akses jalan,” kata salah satu warga Kecamatan Batujajar  Mila Sumilasari, 25, saat ditemui di Ngamprah, kemarin (24/10).

Seharusnya keadaan seperti ini tidak perlu terjadi. Dibutuhkan ketegasan dari aparat untuk menertibkan kendaraan yang terparkir sembarangan tersebut.  Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyanyangkan keadaan itu.

Saat dikonfirmasi, Kasatpol PP Kabupaten Bandung Barat Rini Sartika mengungkapkan, sudah beberapa kali melakukan imbauan kepada masing-masing dinas agar memarkirkan kendaraannya di area parkir yang sudah disiapkan. Hal ini dilakukan agar mewujudkan Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) di lingkungan Pemerintahan Bandung Barat.

”Kita sering melakukan imbauan baik kepada para pegawainya maupun masyarakat yang datang agar memarkirkan kendaraan di area khusus parkir,” terangnya.

Selain itu, kata dia, petugas Satpol PP juga sering menjaga dan memantau area parkir di sejumlah titik. Pihaknya akan melakukan penertiban agar kendaraan pegawai dan masyarakat bisa di parkirkan di area yang sudah disiapkan. ”Kita akan berikan pemahaman dan penjelasan bagi masyarakat dan pegawai supaya tidak memarkirkan disembarang tempat,” ungkapnya.

Diungkapkan Rini, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan jajaran Dinas Perhubungan Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) untuk terus melakukan penataan parkir di area Perkantoran Pemkab Bandung Barat. (drx/nit)

Tinggalkan Balasan