Persiapan Menghadapi Myanmar, Riedl Tes VO2 Max Pemain

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2016 akan mulai menjalani latihan. Pelatih Alfred Riedl juga akan menggelar sesi test VO2 Max kepada seluruh pemainnya.

Riedl telah memanggil 26 nama yang akan mulai menjalani pemusatan latihan di Sleman Yogyakarta, 20-26 Oktober. Mereka bakal mulai berkumpul pada esok hari, Kamis (20/10).

Pemusatan latihan kali ini sebagai persiapan menghadapi dua laga ujicoba dengan Myanmar pada 4 November dan Vietnam lima hari kemudian.

Asisten pelatih Wolfgang Pikal mengatakan bahwa selain memantapkan taktik dan strategi, dia ingin meningkatkan kondisi fisik dan stamina para pemainnya dengan melakukan tes VO2 max para pemain.

”Kami ingin melihat kondisi fisik pemain saat datang dari klub dan bisa meningkatkan stamina mereka,” sahut Pikal, Rabu (19/10).

VO2 Max sendiri bukan sesuatu yang baru bagi sepakbola khususnya di Indonesia. Sebelumnya, pelatih timnas U-23 Aji Santoso kerap melakukan hal ini kepada pemainnya.

VO2 Max atau yang disebut maximal oxygen consumption, maximal oxygen uptake, peak oxygen uptake, atau maximal aerobic capacity, adalah kapasitas maksimum tubuh seseorang untuk menyalurkan dan menggunakan oksigen selama olahraga berintensitas tinggi.

Nilai VO2 Max masing-masing pemain berbeda, di antaranya dipengaruhi oleh posisi pemain tersebut di atas lapangan. Nilai VO2 Max seorang kiper dan gelandang misalnya juga sangat berbeda.

”Stamina pemain juga sangat penting, karena kami akan tampil di Piala AFF yang lawan-lawannya sudah mempersiapkan diri sejak lama,” kata pelatih asal Austria itu. (dtk/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan