Siswa Ketagihan Menulis, Salah Satu Cara Mencintai Alquran

bandungekspres.co.id, CIBIRU – Pemandangan berbeda terlihat di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandung. Sebelum bel masuk sekolah sebanyak 1.250 orang siswa telah bersiap bersama pulpen dan kertas.

Tapi jangan salah, mereka para siswa bukan untuk melakukan ujian tengah semester. Melainkan menulis ayat kembali secara manual alquran. Dengan tema ‘Alquran Gue Banget’ para siswa terlihat semangat menulisnya.

Menurut kepala sekolah MAN 2 Bandung Asep Encu, hal ini sebagai salah satu cara meningkatkan kecintaan kepada alquran. ”Biasanya alquran hanya dihafal, saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis,” ungkap Asep kepada Bandung Ekspres saat ditemui di sekolah seusai kegiatan, kemarin (7/10).

”Ini juga sebagai salah satu cara agar alquran tetap membumi,” imbuhnya.

Diakui olehnya, yang paling utama ada mengimplementasikan alquran dalam kehidupan sehari. Lebih jauh, acara ini digelar sebagai kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1438 Hijriah.

Nantinya, kegiatan ini akan menghasilkan 3 buah alquran dengan versi tulisan tangan. Satu di antaranya akan disimpan di sebuah Museum Bait Alquran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dua buah lainnya, akan disimpan di labolatorium agama yang ada di sekolah.

Untuk proses editing, lanjut dia, pihaknya akan dibantu olehnya dua guru yaitu guru pendidikan agama dan guru bahasa Arab. Lalu, untuk surat Al-fatihah akan ditulis secara khusus oleh Kepala Kantor Kemanag Kota Bandung, H Yusuf MPd.

”Alhamdulillah, kegiatan tadi kami tidak terlalu kerepotan. Kami dibantu oleh 60 orang duta tahfidz yang ada di sekolah,” ungkapnya.

Sementara siswa yang membantu, siswa jurusan agama Agung mengatakan, kegiatan serupa bisa kembali dilakukan. Sebab, kegiatan itu menginspirasi kegiatan ke depan. ”Untuk menghafal mungkin hal biasa, tapi untuk menulis adalah hal yang tidak biasa,” ucapnya. ”Menulis alquran salah satu cara untuk mencintai alquran,” pungkasnya. (nit/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan