Bantu Desa Cadas Gantung

bandungekspres.co.id, SOREANG – Menyikapi pemberitaan kondisi warga beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Bandung telah melakukan upaya koordinasi mengenai perbaikan infrastruktur dan rumah tidak layak huni (rutilahu) di kawasan Kampung Cadas Gantung, Gantung Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung H. Dadang M Naser melalui Kepala Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten, Indra Respati telah memberikan bantuan berupa sembako. Selain pemberian bantuan, Indra juga secara langsung melakukan koordinasi terkait pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu), yang sebelumnya sudah menjadi program Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarmanik.

”Saya harap program pembangunan rutilahu untuk warga Kampung Cadas Gantung bisa secepatnya direalisasikan melalui Pemdes,” ucap Indra.

Sementara berdasarkan peninjauannya, di Kampung Cadas Gantung ini sudah terdapat beberapa rumah layak huni. Dari 14 Kepala keluarga (KK) dengan 38 jiwa ini, selanjutnya pembangunan rutilahu difokuskan pada 10 rumah di RT I Kampung Cadas Gantung.

Indra berharap, Pemdes akan menyusun program untuk pembangunan mushola, MCK (Mandi, Cuci, Kakus), perbaikan gang jalan dan penerangan.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi Trantib Wahyu menyampaikan bahwa pada tahun 2015 lalu, pihaknya telah melakukan perbaikan rutilahu satu rumah. Sedangkan tahun 2016 sebanyak 2 rumah yang akan segera diperbaiki pada akhir tahun ini. Sisanya, 7 rumah akan dibangun pada tahun 2017.

Wahyu menuturkan, Cadas Gantung merupakan kampung kecil dengan 14 KK dan 38 jiwa. Kebanyakan warganya berprofesi sebagai buruh tani, tukang batu dan gembala kambing. Masyarakatnya pun mayoritas berpendidikan Sekolah Dasar (SD). (gun/asp)

Tinggalkan Balasan