Tingkatkan Literasi Membaca Siswa

bandungekspres.co.id, UJUNGBERUNG – Sebanyak 200 siswa SMP Negeri 8 Bandung mulai kelas VII hingga IX mengikuti Kegiatan Literasi Sekolah rutin dan Sosialisasi Zetizen di kampusnya, Jalan Alun-alun Utara Nomor 211 B, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, kemarin (23/9).

Kegiatan Literasi ini bertujuan membuat anak-anak muda khususnya anak sekolah zaman sekarang agar rajin membaca. Para siswa harus membaca buku setiap 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Tidak harus selalu buku akademik, namun seperti buku novel dan sebagainya juga boleh untuk dibaca.

Kegiatan literasi ini sejalan dengan program Zetizen.  Dimana tujuan utama Zetizen ini adalah membuat generasi muda menjadi generasi yang rajin membaca.

Pada kegiatan literasi kali ini, masing-masing kelas di SMPN 8 Bandung menampilkan perwakilannya untuk mempresentasikan apa saja sinopsis atau rangkuman yang sudah dibaca. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07:30 hingga 12:00.

Salah satu siswa SMP Negeri 8 Bandung Meidiana Azka Khalisa mengaku senang dengan program sekolahnya ini. Pasalnya, dia menjadi termotivasi agar selalu mau membaca buku.

Menurut dia, jika di sekolah harus menerangkan synopsis buku yang dibaca, maka di rumah dirinya meluangkan waktu banyak untuk membaca.

”Dengan membaca kita menjadi pintar. Saya sering mengunjungi perpustakaan saat instirahat. Di rumah juga punya koleksi buku yang selalu dibaca, mulai buku pelajaran hingga buku fiksi seperti novel,” ujar Mei.

Kordinator Zetizen Bandung Muhammad Raulazwar mengatakan generasi muda zaman sekarang sudah banyak yang terjerumus oleh kegiatan negatif. ”Nah, kita membuat komunitas Zetizen ini agar menghindari generasi muda zaman sekarang dari hal yang negatif dengan melakukan aksi positif. Tidak hanya itu saja, di Zetizen juga ada beberapa artikel yang bisa membuat generasi muda terinspirasi untuk membuat sebuah tulisan,” kata Raul saat menyosialisasikan Zetizen di SMPN 8 Bandung. (azu/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan