Bedah Rumah Enam Rumah Milik Veteran

bandungekspres.co.id, PASEH – Kodim 0609 Kabupaten Bandung melaksanakan bedah enam rumah milik veteran. Kegiatan tersebut bagian dari kepedulian dan bentuk penghargaan untuk para pejuang dalam rangkaian HUT TNI ke-71.

Dandim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Kav PL. Ginting S.I. P mengatakan, program bedah rumah bagi para veteran, merupakan perwujudan kepedulian TNI terhadap kita terhadap para veteran. ”Para pejuang kemerdekaan ini perlu kita berikan apresiasi agar kehidupan mereka lebih terjamin, khususnya tempat tinggal yang lebih layak,” kata Ginting, kemarin (27/9).

Dandim mengungkapkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pendahulu negaranya. Dengan alasan yang ada, maka dia wajib menghormati janda-janda para pejuang atau pahlawan negaranya yang masih hidup.

”Rutilahu ini gerakan yang menyeluruh se-Indonesia dan di wilayah kodim 0609 ada enam unit rumah pejuan veteran yang dilakukan perbaikan. Kami ingin para veteran ini hidup lebih layak, sehat serta kokoh,” tuturnya.

Sementara itu, Danramil 0904 Paseh, Kapten Inf Toto Toha Sobana menjelaskan, kegiatan rangkaian dalam rangka Hut TNI ke-71 ini, pihaknya mengelar bakti sosial untuk membantu para mantan pejuang kemerdekaan yang rumahnya tidak layak huni. Pihaknya berupaya merehab, supaya menjadi rumah layak huni.

”Dalam rangka HUT TNI 71 ini, kita wujudkan berbagi kebahagiaan, rasa menghormati, dan juga satu kepedulian TNI kepada mantan para pejuang,” jelas Toha.

Dia mengatakan, sebanyak enam unit rumah yang direhab di antaranya di wilayah Kecamatan Paseh sebanyak dua rumah. Yaitu rumah Emak Emah, 75, istri Alm Onjoh dan rumah milik Dana, 90, di Desa Cipaku, Kecamatan Paseh.

Selain di Kecamatan Paseh, katanya, bedah rumah pun dilaksanakan di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (empat rumah). Sasaran prioritas, kata dia, diarahkan kepada rumah yang yang sangat tidak layak huni milik mantan pejuang di wilayah Kodim 0609.

”Harapan ke depan, dalam usia ke 71 TNI tetap diakui dicintai oleh rakyat. Sebab, rakyat suatu kekuatan utama bagi TNI, dengan tercipta membangun dengan bersama-sama komponen masyarakat yang lain dengan tujuan kemanunggalan TNI,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan