Pameran Gurilap Tampilkan Produk Lokal

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung Barat berkumpul di Alun-alun Lembang dalam Pameran Gurilaps (Gunung-Rimba-Laut-Pantai-Sungai). Pameran ini diinisiasi oleh Dewan Kerajianan Nasional (Dekranasda) Jawa Barat bekerjasama dengan Dekranasda Bandung Barat. Hadir dalam acara tersebut Bupati Bandung Barat Abubakar, Ketua Dekranasda Bandung Barat, Elin Suharliah Abubakar dan sejumlah kepala SKPD.

Menurut Ketua Dekranasda Bandung Barat Elin Suharliah Abubakar, pameran ini memberikan kesempatan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Baik itu, makanan atau hasil kerajinan  dari masing-masing wilayah di bawah binaan Dekranasda.

Dekranasda Kabupaten Bandung Barat ada 50 stand yang disiapkan Deskranasda Jawa Barat untuk diisi oleh para pelaku UMKM di KBB. ”Stand disii oleh produk unggulan seperti gula merah, cilok, batu oncom, dan baju trademark Lembang. Banyak lagi yang lainnya seperti kerajinan atau kreativitas para elaku UMKM,” kata Elin kepada wartawan, kemarin (23/9).

Ia berharap, wisata Lembang akhir pekan ini lebih berwarna lantaran Pasar Gurilaps ini digelar di Alun-alun Lembang. Pasar Gurilaps ini akan menjadi pilihan berbeda bagi wisatawan yang berakhir pekan. Mereka yang datang bisa membawa oleh-oleh dari Lembang.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Abubakar menambahkan, pemeran ini digelar untuk memeriahkan pelaksanaan PON XIX Jabar. Ada empat target kesuksesan yang harus diraih, di antaranya sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses administrasi.

”Hasil dari kerajinan masyarakat ini harus dipadukan dengan konsumen baik dari masyarakat atau wisatawan dengan tujuan meningkatkan ekonomi, maka inilah tujuan pameran ini digelar,” kata Abubakar.

Sebagaimana diketahui, kata Abubakar, Kecamatan Lembang yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata di KBB, diharapkan bisa mendongkrak roda perekonomian bagi masyarakat KBB.

”Dengan adanya pameran ini diharapkan bisa mensukseskan juga dalam hal ekonominya,” terangnya.

Dengan harapan tamu dari 34 provinsi bisa membawa oleh-oleh yang menjadi ciri khas atau ikon dari Bandung Barat.  Abubakar menuturkan, pameran ini juga sebagai upaya untuk mengangkat identitas, ikon dan ciri khas bagi Bandung Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan