Nicky Hayden Kembali Balap di Ajang MotoGP

bandungekspres.co.id, ARAGON – Nicky Hayden akhirnya mengumumkan diri bakal melakukan kembali di MotoGP. Dia bakal menggantikan posisi dari Jack Miller di VDS Honda yang tengah cedera.

Musim ini, pembalap asal Amerika Serikat tersebut memang tengah berkiprah di World Superbike (WSBK). Peraih gelar 2006 di MotoGP itu sebelumnya kabarnya memang bakal menggantikan Miller di Aragon.

”Saya suka balapan. Jadi, saya kini melihat ke depan. Rumah saya memang di Superbike. Namun, dalam kasus ini, saya harus kembali ke Honda,” kata Hayden dikutip Crash, kemarin (19/9).

Hayden melanjutkan, dalam kembalinya di Aragon nanti, akan banyak hal yang asing. ”Apalagi, saat ini saya belum pernah memakai ban-ban Michelin. Namun, saya akan bersenang-senang nanti,” tambah dia.

VDS Honda memang sangat membutuhkan pengganti Miller. Sebab, Miller diprediksi bakal absen lama setelah patah tulang di Austria, bulan lalu.

Dirinya berharap agar Miller cepat sembuh. Bahkan, diakui olehnnya Miller merupakan pembalap yang memiliki potensi.

”Dia hanya perlu istirahat dan pulih demi menjadi yang tercepat, ” papar dia.

Menggantikan Miller, merupakan pengalaman baru bagi Hayden. Sebelumnya, dia tak pernah datang untuk menggantikan pembalap lain.

”Tapi saya memiliki hubungan yang baik dengan Honda dan ketika ide pertama muncul, saya tak ragu untuk itu,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dirinya punya banyak pekerjaan rumah kini. Bahkan, beberapa rutinitas yang biasa dia lakukan tak lagi bisa dikerjakan. Hal ini dilakukan demi menyesuaikan diri di MotoGP.

Menanggapi hal itu, Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memuji langkah panitia MotoGP Dorna yang mengubah sejumlah regulasi. Sebab menurut The Doctor, sejumlah regulasi baru itu membuat persaingan MotoGP semakin sulit untuk diprediksi.

Sebagaimana diketahui pada musim ini, seluruh tim berada di bawah aturan penyeragaman perangkat elektronik (ECU), di mana hardware disuplai oleh Magneti Marelli. Sementara software dirancang oleh kubu Yamaha, Honda dan Ducati.

Meski sempat mengutarakan ketidaksukaannya, Rossi pun kini mulai merasakan dampak dari berbagai regulasi baru yang diterapkan. Bahkan, ia menilai bahwa persaingan di MotoGP saat jauh lebih menarik ketimbang beberapa tahun terakhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan