Rangkaian Api PON Terpanjang Sepanjang Sejarah

”Jarak tempuh sepanjang 1.004,5 kilometer. Ini adalah jarak terpanjang perjalanan api PON. Maka kita daftarkan ke Muri untuk dapat rekor Muri api PON yang menempuh perjalanan paling panjang sepanjang sejarah PON,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai menerima kirab api PON di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, kemarin (16/9).

Selanjutnya kirab api PON akan dibawa menuju Stadion GBLA keesokan hari. Sebagai api yang akan dibawa para atlet legenda pada upacara pembukaan PON XIX akan langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

”Besok (hari ini, Red) Api PON akan berjalan jam 8 pagi ke GBLA. Disimpan di GBLA, malam hari ada pembukaan PON dan penyulutan api PON,” ujarnya.

Untuk dikeyahui, Api PON mulai berjalan dari Indramayu pada 5 September lalu mengitari Kabupaten kota di Jawa Barat. Seperti Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Subang, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Depok, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Kabupaten Bandung dan berakhir di Kota Bandung. (dn/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan