ISC Kota Bandung Siap Digelar

bandungekspres.co.id, KIARA CONDONG – Setelah sukses menggelar Indonesia Scout Challenge (ISC) di Kabupaten Bandung Barat daerah lain, kini giliran Kota Bandung menjadi penyelenggara event akbar kepramukaan ini. Untuk itu, diperlukan kesiapan yang matang dalam mendukung program ini.

VIC ISC Jawa Barat Dandi Ardianto mengatakan, rencananya, kegiatan yang disponsori Jawa Pos (Jabar Ekspres Group) ini akan diisi dengan berbagai perlombaan. Pemenang nantinya akan mewakili Kota Bandung ke tingkat provinsi.

”Nantinya akan dicari satu yang terbaik untuk mendapatkan hadiah berangkat ke Amerika dan tabungan pendidikan,” kata Dandi saat menggelar sosialisasi persiapan ISC Kota Bandung di Kantor Redaksi Harian Jabar Ekspres, Jalan Soekarno Hatta Nomor 627 Bandung kemarin (15/9).

Dandi memaparkan, nantinya akan ada pemenang dari setiap kabupaten yang akan menjadi perwakilan daerahnya mengikuti ISC di tingkat provinsi. Begitu pula dari hasil kompetisi tingkat provinsi nanti yang akan kembali di lombakan ke tingkat nasional.

”Beberapa game yang dilombakan dalam ISC tersebut, antara lain navigation challenge, sense challenge, slide the world, english corner dan throwing ball,” ungkap Dandi.

Dandi menegaskan, seluruh permainan tersebut mengedepankan kekompakan dan kerja sama regu yang akan dinilai oleh tim juri dari kakak- kakak pembina pramuka dari Kwarcab Kota Bandung. Menurutnya, salah satu tujuan utama penyelenggaraan ISC ini adalah untuk menumbuhkan kembali minat pelajar terhadap kegiatan kepramukaan.

”Kegiatan Pramuka banyak mengajarkan tentang banyak hal tentang kemanusian, gotong royong dan nasionalisme sehingga bisa menjadi pilihan kegiatan positif dan menarik bagi anak-anak serta remaja di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu Kasi Kurikulum TKSD Dinas Pendidikan Kota Bandung Surojudin mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan diadakannya program ISC ini. Karena dengan adanya kegiatan ini tentu saja anak akan semakin lebih memiliki wawasan dan bisa mandiri. ”Dengan adanya program ini diharapkan bisa membuat anak lebih mandiri dan bertanggung jawab,” pungkasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan